alexametrics

PBB Desak Myanmar Berikan Kewarganegaraan pada Etnis Rohingya

loading...
PBB Desak Myanmar Berikan Kewarganegaraan pada Etnis Rohingya
Radhika Coomaraswamy, salah seorang anggota misi pencarian fakta PBB mengatakan, Myanmar harus memberikan kewarganegaraan kepada Muslim Rohingya. Foto/Istimewa
A+ A-
DEN HAAG - Radhika Coomaraswamy, salah seorang anggota misi pencarian fakta PBB mengatakan, Myanmar harus memberikan kewarganegaraan kepada Muslim Rohingya, yang telah melarikan diri dari genosida di negara yang mayoritas penduduknya beragama Budha itu. Saat ini, Muslim Rohingya hidup dengan kondisi buruk di Bangladesh.

Berbicara pada konferensi global tentang kewarganegaraan di Den Haag, dia mengatakan bahwa sebelum Myanmar mendesak Rohingya untuk "pulang", Yangon harus memberikan jaminan bahwa Rohingya akan mendapatkan kewarganegaraan.

“Saya telah melihat banyak kebrutalan di berbagai bagian karir saya, tetapi pemerkosaan dan pengusiran paksa dari Rohingya mengguncang saya,” kata Coomaraswamy dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir PressTV pada Kamis (27/6).



"Sebelum Anda memaksa orang untuk kembali ke Myanmar, Anda harus memastikan kondisinya benar dan Rohingya akan memiliki, jalur yang jelas menuju kewarganegaraan. Masalahnya adalah desa mereka telah dibuldoser, tanpa pohon berdiri," sambungnya.

Coomaraswamy merujuk pada kampanye spoliasi bukti oleh Myanmar untuk meratakan desa-desa di mana Rohingya pernah terkonsentrasi.

Di kesempatan yang sama, Coomaraswamy juga mendesak pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, untuk menjadi seorang demokrat. "Dia harus menjadi seperti yang pernah dikatakannya kepada kami," ungkapnya.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak