alexametrics

Dalam Sehari, Jet Tempur Inggris Dua Kali Cegat Pesawat Rusia

loading...
Dalam Sehari, Jet Tempur Inggris Dua Kali Cegat Pesawat Rusia
Jet tempur Typhoon Inggris. Foto/Istimewa
A+ A-
LONDON - Jet-jet tempur Angkatan Udara Inggris di Estonia terbang ke langit untuk mencegat pesawat militer Rusia untuk kedua kalinya dalam sehari. Demikian pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan Inggris.

Jet tempur jenis Typhoon milik Angkatan Udara Inggris, RAF, mencegat pesawat tempur Su-30 Rusia dan pesawat angkut militer saat melintasi Laut Baltik pada 14 Juni malam dan 15 Juni dini hari. RAF telah bekerja sama dengan pemerintah Estonia sejak Mei lalu setelah mengambil alih misi Polisi Udara Baltik.

Serangkaian intersepsi ini telah menambah jumlah insiden yang melibatkan Inggris dengan pesawat Rusia menjadi total 11 kali sejak saat itu.



"Ini adalah misi rutin kepolisian udara NATO untuk detasemen Typhoon yang memberikan jaminan berkelanjutan bagi kawasan itu," kata RAF dalam sebuah pernyataan.

"Inggris beroperasi dalam mendukung NATO untuk meyakinkan sekutu kami dan merupakan demonstrasi lebih lanjut dari komitmen Inggris untuk keamanan kawasan," sambung pernyataan itu seperti dilansir dari Fox News, Kamis (27/6/2019).

Seorang pilot jet tempur Typhoon dari Skuadron XI yang dipanggil bertugas hari itu mengatakan mereka dikirim di antara dua periode cuaca buruk.

"Kami bergegas untuk mencegat kontak yang dekat dengan wilayah udara Estonia pada sore hari," pilot melaporkan ke RAF.

"Tidak lama setelah mengudara, kami datang bersama pesawat tempur Su-30 Flanker. Kami mengawal pesawat tempur itu di Laut Baltik, sekitar Estonia, dan melewati pesawat angkut militer Rusia lainnya," imbuhnya.

Insiden terkait militer Rusia dengan negara-negara Barat telah banyak terjadi, termasuk kegiatan yang sering melibatkan Inggris dan Amerika Serikat (AS). Aktivitas militer Rusia yang konsisten dengan kedua negara telah menyebabkan ketegangan meningkat di panggung global.

Awal bulan ini, sebuah kapal perang AS mengalami tabrakan dengan kapal perusak Rusia di Laut Filipina.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak