alexametrics

Gedung Putih: Jumat, Trump Akan Bertemu Putin di Osaka

loading...
Gedung Putih: Jumat, Trump Akan Bertemu Putin di Osaka
Presiden AS Donald Trump akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di pada Jumat mendatang di sela-sela KTT G-20 di Osaka, Jepang. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela KTT G-20 di Osaka, Jepang, pada Jumat. Hal itu diungkapkan oleh juru bicara Gedung Putih.

Juru bicara Gedung Putih, Hogan Gidley, mengatakan hal itu kepada wartawan yang bepergian dengan Trump ke Jepang. Menurut Gidley, Presiden AS itu akan mengadakan sembilan pertemuan selama kunjungannya ke Osaka.

Secara khusus, Trump akan bertemu dengan pemimpin China Xi Jinping pukul 11:30 waktu setempat pada hari Sabtu seperti disitir dari Sputnik, Kamis (27/6/2019).



Sebelumnya, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih John Bolton mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump berharap untuk bertemu dengan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, di sela-sela KTT G-20 di Osaka, Jepang.

Tahun lalu, Trump membatalkan rencana pertemuannya dengan Putin di KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, menyusul insiden angkatan laut di Laut Azov. Ketika itu tiga kapal dari Angkatan Laut Ukraian ditahan oleh Rusia karena dianggap melanggar perbatasan, memasukn perairan teritorial yang ditutup sementara dan bergerak menuju Selat Kerch. Kapal-kapal itu ditahan setelah gagal menanggapi tuntutan hukum untuk berhenti.

Moskow kemudian mengutuk insiden itu sebagai provokasi pihak Kiev, yang bertujuan menciptakan dalih untuk memberlakukan darurat militer di Ukraina, untuk mendongkrak popularitas Presiden Ukraina saat itu Petro Poroshenko dan menjatuhkan sanksi baru pada Rusia.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak