alexametrics

7 Badan Mata-mata Terbaik di Dunia pada 2019

loading...
7 Badan Mata-mata Terbaik di Dunia pada 2019
Ilustrasi operasi spionase. Foto/REUTERS
A+ A-
BADAN intelijen atau mata-mata adalah garis pertahanan pertama terhadap potensi ancaman internal dan eksternal setiap negara. Mereka ditugaskan mengumpulkan informasi intelijen, melakukan berbagai bentuk spionase, memberi nasihat kepada pemerintah mengenai masalah keamanan nasional, menyebarkan informasi palsu, dan, dalam kasus beberapa agensi, bahkan melakukan pembunuhan.

Tetapi beberapa badan intelijen lebih baik daripada yang lain. Penilaian ini didasarkan pada tekad dalam menangani masalah dengan cepat.

Khusus pada ulang tahun ke-7, SINDOnews.com menyuguhkan daftar tujuh badan intelijen terbaik di dunia. Namun, data yang disajikan ini khusus semua agen intelijen yang menangani ancaman eksternal, jadi jangan berharap untuk melihat agen seperti National Security Agency (NSA) Amerika Serikat dan Federal Security Service (FSB) Rusia, meski kedua badan mata-mata itu juga terkenal hebat. Berikut ulasan tujuh badan mata-mata terbaik di dunia pada 2019;



1. Mossad
7 Badan Mata-mata Terbaik di Dunia pada 2019
Foto/REUTERS
Mossad adalah agen intelijen nasional Israel, salah satu dari 10 negara teratas dengan senjata nuklir terkuat di dunia. Ini adalah salah satu dari tiga cabang Komunitas Intelijen Israel—dua lainnya adalah Shin Bet dan Aman, yang masing-masing menangani keamanan internal dan intelijen militer.

Mossad kerap berurusan dengan intelijen asing, mengumpulkan informasi tentang perkembangan di luar negeri yang mungkin mengancam kepentingan dan keamanan Israel. Badan ini menjalankan operasi rahasia dan memiliki unit kontra-teroris sendiri, Kidon. Tidak banyak yang diketahui tentang unit itu selain terdiri dari para pembunuh elite.

Seperti badan intelijen asing lainnya, Mossad bekerja sama dengan entitas serupa lainnya dari negara lain. Telah dilaporkan bahwa Mossad bekerja sama dengan negara-negara Timur Tengah, dengan topik umum adalah program nuklir Iran. Mossad juga telah bekerja sama dengan Central Intelligence Agency (CIA) Amerika Serikat) dan Research and Analysis Wing (RAW) India di masa lalu.

Banyak laporan tentang operasi Mossad di berbagai negara, termasuk operasi pencurian dokumen rahasia program nuklir Iran di sebuah lokasi yang dirahasiakan. Iran tak pernah mengakui jika badan intelijen Israel itu berhasil menyusup dan mencuri dokumen rahasia program nuklirnya. Namun, data curian itu dilaporkan menjadi dasar Presiden AS Donald John Trump menarik Washington keluar dari perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan enam kekuatan dunia (AS, Rusia, Inggris, Prancis, Jerman dan China).

2. Secret Intelligence Service (SIS)
7 Badan Mata-mata Terbaik di Dunia pada 2019
Foto/YouTube
Secret Intelligence Service adalah badan intelijen asing Inggris. Umumnya dikenal sebagai MI6. Itu adalah agensi paling populer kedua dalam daftar ini. Bisa jadi salah satu pemicunya ketenarannya adalah film James Bond. Seperti hampir semua lembaga mata-mata asing lain, MI6 berurusan dengan urusan eksternal. Sedangkan urusan internal dipasrahkan pada MI5.

MI6 mengumpulkan dan menganalisis informasi dari luar negeri. Ini berfokus pada informasi terkait terorisme, senjata nuklir, perdagangan narkoba, kejahatan terorganisir, dan kegiatan lain yang dapat mengancam kepentingan dan keamanan nasional Inggris. Badan juga berkoordinasi dengan agen intelijen asing lainnya seperti CIA.

MI6 dibentuk lebih dari 100 tahun yang lalu, menjadikannya salah satu agen intelijen tertua di dunia. Namun, rekam jejaknya jauh dari sempurna. Dalam beberapa tahun terakhir, telah terlibat dalam kontroversi yang berkaitan dengan bagaimana badan ini menangani operasinya. Yang paling terkenal adalah ada laporan bahwa agensi tersebut menggunakan penyiksaan dan rendisi luar biasa.

3. Foreign Intelligence Service (SVR)
7 Badan Mata-mata Terbaik di Dunia pada 2019
Foto/Wikipedia
Foreign Intelligence Service atau Layanan Intelijen Asing adalah badan intelijen asing sipil dari Federasi Rusia. Ini adalah penerus Kepala Direktorat Pertama KGB dan bekerja sama dengan Direktorat Intelijen Utama, badan intelijen asing militer Rusia.

Berbeda dengan agen keamanan utama Rusia, Federal Security Service (FSB) yang berurusan dengan urusan internal, SVR bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi intelijen di luar negara. SVR bertugas menjalankan berbagai bentuk spionase, termasuk spionase militer dan ekonomi, dan melakukan pengawasan elektronik di negara-negara asing.

Berkantor pusat di Distrik Yasenevo, Moskow, SVR juga terlibat dalam dugaan pembunuhan di luar negeri dan disinformasi internet. Karena Rusia bersekutu dengan China, dapat dianggap bahwa SVR secara teratur bekerja sama dengan agen-agen intelijen China.

4. Central Intelligence Agency (CIA)
7 Badan Mata-mata Terbaik di Dunia pada 2019
Foto/REUTERS
CIA adalah badan intelijen asing AS. Badan ini mengumpulkan informasi dari luar negeri, dengan pengumpulan informasi minimal di dalam negeri. Ini adalah agen intelijen paling populer dan mudah dikenali di dunia, terutama karena banyaknya penampilannya di film-film Hollywood.

CIA dibentuk pada tahun 1947, menjadikannya salah satu agen intelijen tertua dalam daftar ini. Badan tersebut bertugas memantau perkembangan di luar negeri yang mungkin mengancam AS, terutama yang berkaitan dengan terorisme dan senjata nuklir dan senjata pemusnah massal lainnya. Badan ini juga menangani kontra intelijen dan perang siber.

Selain mengumpulkan informasi, CIA juga menjalankan operasi paramiliter rahasia. Namun, rekam jejak CIA adalah mixed bag, berdasarkan operasi masa lalu yang diketahui publik. Badan ini telah terlibat dalam berbagai skandal dan kontroversi selama bertahun-tahun, yang menjadi alasan utama mengapa CIA hanya menempati peringkat keempat dalam daftar ini.

5. Layanan Intelijen Federal (BND)
7 Badan Mata-mata Terbaik di Dunia pada 2019
Foto/WikipediaBundesnachrichtendienst atau Layanan Intelijen Federal adalah badan intelijen asing Jerman. Badan ini dibentuk pada tahun 1956 dan langsung melapor ke Kanselir Jerman. Menjadi satu-satunya agen intelijen luar negeri di negara ini, BND bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi intelijen militer dan sipil.

BND bertugas mendeteksi semua kemungkinan ancaman terhadap kepentingan dan keamanan nasional Jerman dari luar negeri. Badan ini mengumpulkan informasi tentang terorisme, senjata nuklir dan senjata pemusnah massal lainnya, kejahatan terorganisir, narkoba dan perdagangan manusia ilegal, serta migrasi ilegal.

BND dikenal jago memanfaatkan penyadapan dan spionase elektronik untuk pengumpulan informasi, sebuah taktik yang sering diteliti oleh publik. Seperti halnya badan intelijen lainnya, sebagian besar kegiatan dan operasi BND diklasifikasikan. Tetapi mungkin aman untuk mengasumsikan bahwa agensi ini memiliki mata dan telinga pada jalur komunikasi utama, merekam percakapan tanpa memerhatikan privasi.

6. Research and Analysis Wing (RAW)
7 Badan Mata-mata Terbaik di Dunia pada 2019
Foto/The Hans IndiaRAW adalah badan intelijen asing India. Namanya memang tidak mencolok dari semua badan intelijen di dunia. Orang luar bahkan mungkin berpikir itu hanya organisasi non-pemerintah (NGO). Tetapi jangan tertipu oleh nama agensi, karena Research and Analysis Wing (RAW) adalah salah satu badan mata-mata paling cakap di dunia.
Dibentuk pada tahun 1968 untuk secara khusus menangani intelijen asing, RAW memainkan peran penting dalam menjaga India terlindung dari serangan teroris dan memantau perkembangan di negara-negara lain yang secara langsung dapat memengaruhi India. Namun, RAW sangat tertutup. Tidak banyak yang diketahui tentang kegiatannya dan operasi masa lalu, yang memang itu merupakan hal yang baik.

RAW secara teratur berkoordinasi dengan badan-badan intelijen lain dan kemungkinan memiliki petugas intelijen yang ditempatkan di seluruh dunia. Secara khusus, agensi ini secara teratur berkomunikasi dengan agensi terkenal lainnya seperti CIA dan Mossad sehubungan dengan pemantauan program nuklir Pakistan.

7. Directorate-General for External Security (DGSE)
7 Badan Mata-mata Terbaik di Dunia pada 2019
Foto/Strategic Intelligence Service
Directorate-General for External Security atau Direktorat Jenderal Keamanan Eksternal beroperasi di bawah Kementerian Pertahanan Prancis. DGSE setara dengan CIA, karena operasinya berkaitan dengan intelijen dan masalah-masalah asing. Untuk urusan dalam negeri dipasrahkan pada Direktorat Jenderal Keamanan Dalam Negeri.

DGSE melakukan semua perilaku kegiatan dan operasi yang berkaitan dengan keamanan nasional, yang meliputi menjalankan operasi intelijen manusia dan memberi sinyal operasi intelijen. Namun, hampir semua operasi agensi ini tersembunyi dan jauh dari mata publik. Tidak banyak yang diketahui tentang operasi agensi ini di masa lalu dan yang sedang berlangsung.

DGSE memainkan peran penting selama Perang Saudara Rwanda pada 1990-an. DGSE memiliki tugas menyebarkan informasi palsu, yang meletakkan dasar bagi peningkatan keterlibatan Prancis selama tahap akhir perang. DGSE juga memiliki peran selama Perang Kosovo antara Republik Federal Yugoslavia dan Tentara Pembebasan Kosovo.

Tiga badan intelijen asing terbaik di bawah ketujuh badan tersebut di antaranya; pertama Canadian Security Intelligence Service (CSIS) atau Layanan Intelijen Keamanan Kanada. CSIS terkenal sebagian bagian dari aliansi Five Eyes atau Lima Mata, sebuah aliansi mata-mata lima negara; AS, Kanada, Inggris, Australia dan Selandia Baru. Operasi Five Eyes pernah dibocorkan mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA) AS; Edward Snowden yang saat ini bersembunyi di Moskow setelah mengungkap penyadapan global NSA.

Kedua, Australian Secret Intelligence Service (ASIS) yang bekantor pusat di Canberra. Ketiga, Ministry of State Security (MSS) China yang berkantor pusat di Beijing.Sumber: improb.com
(mas)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak