alexametrics

Diam-diam, AS-Korut Bahas KTT Trump-Kim Jong-un Ketiga

loading...
Diam-diam, AS-Korut Bahas KTT Trump-Kim Jong-un Ketiga
Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong-un. Foto/Istimewa
A+ A-
SEOUL - Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in mengatakan, Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) tengah melakukan pembicaraan di belakang layar mengenai pertemuan puncak ketiga antara kedua negara.

Hal itu diungkapkan Moon Jae-in dalam wawancara tertulis yang dilakukan oleh beberapa kantor berita domestik dan internasional. Ia mengatakan tidak ada alasan untuk membicarakan "kebuntuan" hanya karena tidak ada dialog resmi, yang ditujukan untuk denuklirisasi Korut.

Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un mengadakan pertemuan kedua mereka di Ibu Kota Vietnam, Hanoi pada Februari lalu. Namun pertemuan itu gagal mencapai kesepakatan karena perbedaan antara seruan AS untuk denuklirisasi dan tuntutan Korut untuk bantuan atas sanksi.



"Kedua belah pihak telah terlibat dalam dialog sehubungan dengan pertemuan puncak ketiga," kata Moon.

"Patut dicatat bahwa pembicaraan di belakang layar telah didahului oleh saling pengertian tentang posisi masing-masing yang diperoleh melalui KTT Hanoi," imbuhnya seperti dilansir dari Reuters, Rabu (26/6/2019).

AS telah membuat proposal untuk pembicaraan tingkat kerja, Moon mengatakan, mendesak Korut untuk kembali ke meja perundingan sedini mungkin.

Korut mengejar program nuklir dan rudal selama bertahun-tahun yang bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB serta sanksi PBB dan AS.

Moon tidak menentukan kapan dan bagaimana proposal AS dibuat. Tetapi Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Minggu bahwa pertukaran surat baru-baru ini antara Trump dan Jong-un meningkatkan harapan untuk memulai kembali pembicaraan, menyebutnya kemungkinan yang sangat nyata.

Kantor berita resmi Korut, KCNA, mengatakan pada hari Minggu bahwa surat Trump memiliki konten yang sangat baik dan Jong-un akan serius merenungkan surat itu, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Baca juga: Korut: Kim Jong-un Terima Surat 'Istimewa' dari Trump
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak