alexametrics

Bolton: AS Selalu Siap Berdialog, Bola Ada di Tangan Iran

loading...
Bolton: AS Selalu Siap Berdialog, Bola Ada di Tangan Iran
Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton mengatakan, Washington selalu siap untuk berdialog dengan Teheran dan menyebut, bola saat ini ada di tangan Iran. Foto/Reuters
A+ A-
TEL AVIV - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), John Bolton mengatakan, Washington selalu siap untuk berdialog dengan Teheran. Bolton menyebut, bola saat ini ada di tangan Iran.

"Presiden Donald Trump telah membuka pintu bagi perundingan nyata untuk sepenuhnya menghilangkan program senjata nuklir Iran, sistem pengiriman rudal balistiknya, dukungannya untuk terorisme internasional dan perilaku jahat lainnya di seluruh dunia," kata Bolton saat melakukan kunjungan ke Israel.

"Semua yang perlu dilakukan Iran adalah berjalan melalui pintu yang terbuka itu," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (25/9).



Sebelumnya,Duta Besar Iran untuk PBB, Majid Takht Ravananchi memperingatkan bahwa situasi di Teluk Persia "sangat berbahaya" dan menyebut pembicaraan dengan AS tidak mungkin dalam menghadapi meningkatnya sanksi dan intimidasi.

Ravananchi menyebut, sanksi baru AS indikasi lain dari sikap permusuhan Washington terhadap rakyat Iran. Ia mengatakan, pemerintahan Trump harus mengurangi ketegangan dengan menghentikan "petualangan militernya" di kawasan itu, menarik "armada angkatan laut" dan bergerak menjauh dari "perang ekonomi melawan rakyat Iran."

"Anda tidak dapat memulai dialog dengan seseorang yang mengancam, yang mengintimidasi Anda," katanya. Ia juga menuduh AS berusaha menghancurkan ekonomi Iran.

Sementara itu, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi mengatakan, AS telah sepenuhnya menutup pintu diplomasi dengan menjatuhkan sanksi kepada pemimpin spiritual tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak