alexametrics

Trump: Saya Tidak Perlu Persetujuan Kongres untuk Serang Iran

loading...
Trump: Saya Tidak Perlu Persetujuan Kongres untuk Serang Iran
Presiden AS Donald Trump teken sanksi baru terhadap Iran. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengatakan tidak perlu persetujuan Kongres untuk menyerang Iran. Hal itu dikatakan Trump dalam sebuah wawancara dengan Hill TV.

Ketika ditanya apakah dia yakin dia memiliki wewenang untuk memulai aksi militer terhadap Iran tanpa terlebih dahulu meminta persetujuan Kongres, Trump berkata: "Ya."

"Tapi kami terus membuat Kongres mengikuti apa yang kami lakukan dan saya pikir itu adalah sesuatu yang mereka hargai," katanya dalam wawancara eksklusif di luar Oval Office.



"Aku suka membuat mereka mengikuti, tapi aku tidak harus melakukannya secara legal," imbuhnya.

"Kami mungkin hampir membuat keputusan untuk menyerang. Lalu aku memutuskan untuk tidak melakukannya. Omong-omong, tidak ada yang keluar. Aku akan membuat keputusan itu pada waktu tertentu, dan aku memutuskan untuk tidak melakukannya karena itu benar-benar tidak proporsional," tutur Trump seperti dikutip dari The Hill, Selasa (25/6/2019).

Trump kemudian membantah pernyataan Ketua DPR Nancy Pelosi bahwa ia akan membutuhkan persetujuan Kongres untuk setiap tindakan "permusuhan" apa pun dengan Iran.

"Aku tidak setuju," katanya. "Kebanyakan orang tampaknya tidak setuju," sambungnya.

"Mereka punya ide. Mereka adalah orang-orang cerdas. Mereka akan memunculkan beberapa pemikiran," kata Trump, merujuk pada anggota parlemen.

"Aku sebenarnya belajar beberapa hal tempo hari ketika kita mengadakan pertemuan dengan Kongres," ujarnya.

Pada Jumat lalu, Pelosi menyatakan dia tidak diberitahu oleh pejabat mengenai keputusan Trump menyetujui aksi militer ketika ia dan para pemimpin kongres lainnya pergi ke Gedung Putih untuk briefing hari itu.

Trump sebelumnya sempat memerintahkan untuk menyerang Iran sebelum kemudian membatalkannya. Aksi militer itu sebagai tanggapan atas ditembak jatuhnya pesawat tak berawak AS.

Pemimpin Minoritas Senat Charles Schumer mengatakan Partai Demokrat mengatakan kepada Trump selama briefing Room Situation bahwa ia akan memerlukan otorisasi Kongres sebelum melakukan penyerangan.

Dua Senator Partai Demokrat Tim Kaine dan Tom Udall telah menawarkan amandemen pada rancangan pengeluaran pertahanan yang akan menghalangi Trump menggunakan dana pemerintah untuk menyerang Iran tanpa persetujuan Kongres. Schumer meminta Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell untuk menunda pemungutan suara RUU itu sampai debat utama presiden Demokrat minggu ini sehingga para senator yang menjadi nominasi partai dapat hadir untuk memberikan suara pada amandemen.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak