Inggris Khawatirkan Perang Tak Disengaja AS-Iran

Senin, 24 Juni 2019 - 19:29 WIB
Inggris Khawatirkan Perang Tak Disengaja AS-Iran
Inggris Khawatirkan Perang Tak Disengaja AS-Iran
A A A
LONDON - Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt mengatakan, London tidak berpikir bahwa Amerika Serikat (AS) atau Iran menginginkan perang. Tetapi, papar Hunt, Inggris sangat khawatir perang yang tidak disengaja pecah diantara kedua negara.

"Kami sangat prihatin, kami tidak berpikir kedua belah pihak menginginkan perang. Tetapi, kami sangat khawatir bahwa kami bisa terlibat dalam perang yang tidak disengaja dan kami melakukan segala yang kami bisa untuk mencegah hal itu," ucap Hunt.

Hunt mengatakan, Inggris telah berhubungan erat dengan AS atas situasi yang sangat berbahaya di Teluk. "Kami telah melakukan segala yang kami bisa untuk memperbaiki situasi," ungkapnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (24/6).

Sementara itu, sebelumnya Iran menuturkan, setiap konflik baru di wilayah Teluk dapat menyebar tak terkendali. Teheran memperingatkan,Washington untuk tidak bertindak serampangan, guna menghindari konflik baru di kawasan.

"Jika konflik pecah di kawasan itu, tidak ada negara yang dapat mengatur ruang lingkup dan waktunya. Pemerintah Amerika Serikat (AS) harus bertindak secara bertanggung jawab untuk melindungi nyawa pasukan AS dengan menghindari pelanggaran di wilayah tersebut," kata pejabat militer Iran, Mayor Jenderal Gholamali Rashid dalam sebuah pernyataan.

Iran dan AS sendiri hampir terlibat dalam peperangan, jika saja Presiden AS, Donald Trump tidak membatalkan keputusan untuk membombardir tiga sasaran Iran di menit-menit terakhir.

Trump mengatakan, ia membatalkan rencana serangan militer terhadap Iran, karena dia menilai itu akan menjadi tanggapan yang tidak proporsional. Dia mengaku lebih memilih merespon penembakan itu dengan sanksi, dibanding opsi militer.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4803 seconds (0.1#10.140)