Komandan AL Iran Bilang Bisa Jatuhkan Lagi Pesawat Nirawak AS

Senin, 24 Juni 2019 - 14:23 WIB
Komandan AL Iran Bilang Bisa Jatuhkan Lagi Pesawat Nirawak AS
Komandan AL Iran Bilang Bisa Jatuhkan Lagi Pesawat Nirawak AS
A A A
TEHERAN - Komandan Angkatan Laut (AL) Iran Laksamana Muda Hossein Khanzadi mengatakan pihaknya mampu untuk membuat pesawat nirawak atau drone Amerika Serikat (AS) jatuh lagi seperti kejadian 20 Juni lalu. Dia menggambarkan penembakan terhadap drone RQ-4 Global Hawk adalah respons tegas Teheran terhadap Washington.

"Semua orang melihat jatuhnya pesawat tak berawak," kata Khanzadi seperti dikutip kantor berita Tasnim, Senin (24/6/2019). "Saya dapat meyakinkan Anda bahwa respons tegas ini dapat diulang, dan musuh mengetahuinya," katanya lagi.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya mengklaim bahwa setelah insiden jatuhnya RQ-4 Global Hawk oleh rudal Iran, Washington merencanakan serangan balasan. Namun, Trump membatalkannya 10 menit sebelum serangan dimulai.

Trump mencatat bahwa serangan balasan AS itu dapat menyebabkan kematian sekitar 150 warga Iran. Angka itu merupakan perkiraan seorang jenderal Pentagon yang memberi pengarahan kepada Trump.

Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton mengatakan batalnya militer Washington menyerang Iran karena kebijaksanaan pemerintah Trump, bukan kelemahan. Dia memperingatkan Teheran untuk tidak salah menilai kehati-hatian dan kebijaksanaan Amerika.

"Tidak ada yang memberi mereka izin berburu di Timur Tengah," kata Bolton mengacu pada Iran. Komentar itu disampaikan saat dia berkunjung ke Tel Aviv pada hari Minggu untuk bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

"Militer kami dibangun kembali, baru dan siap untuk pergi," ujar Bolton.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3115 seconds (0.1#10.140)