Pesawat Nirawak AS Dirudal Jatuh Iran Biayanya Rp1,8 Triliun

Jum'at, 21 Juni 2019 - 09:24 WIB
Pesawat Nirawak AS Dirudal Jatuh Iran Biayanya Rp1,8 Triliun
Pesawat Nirawak AS Dirudal Jatuh Iran Biayanya Rp1,8 Triliun
A A A
WASHINGTON - RQ-4 Global Hawk, pesawat nirawak atau drone mata-mata Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang ditembak jatuh oleh rudal Iran di atas Selat Hormuz menelan biaya sekitar USD130 juta atau lebih dari Rp1,8 triliun.

Biaya, termasuk harga dan ongkos operasional drone canggih militer Amerika itu diungkap Fox News, Jumat (21/6/2019) mengutip situs web perusahaan pengembangnya, Northrop Grumman Corp.

Menurut perusahaan tersebut, RQ-4 Global Hawk mampu terbang selama lebih dari 30 jam dan dirancang untuk mengumpulkan data intelijen nyaris real-time menggunakan citra resolusi tinggi.

Pesawat nirawak ini menjalankan misi untuk mendukung operasi militer di Irak, Afghanistan, Afrika Utara, dan wilayah Asia-Pasifik yang lebih luas. Pesawat tipe ini sudah mengumpulkan data intelijen dalam misi lebih dari 250.000 jam terbang.

Menurut pernyataan Angkatan Udara, RQ-4 Global Hawk merupakan salah satu kendaraan udara nirawak paling canggih yang dimiliki militer AS. Pesawat ini memiliki lebar sayap 130,9 kaki dan panjang 47,6 kaki. RQ-4 Global Hawk dapat terbang pada ketinggian maksimum 65.000 kaki.

Biaya drone nirawak tidak mencakup penelitian dan pengembangan.

Pentagon mengonfirmasi bahwa drone itu ditembak jatuh oleh rudal surface-to-air Iran pada hari Kamis dan terbang 17 mil dari perbatasan Iran di wilayah udara internasional.

"Ini adalah serangan tidak beralasan terhadap aset pengawasan AS di wilayah udara internasional," kata Kapten Bill Urban, juru bicara Komando Pusat AS, dalam sebuah pernyataan.

Presiden Trump mengutuk tindakan Iran dan menyebut insiden itu "langkah yang sangat bodoh."

"Saya pikir mungkin Iran melakukan kesalahan. Saya membayangkan itu adalah seorang jenderal atau seseorang yang membuat kesalahan dalam menembak yang drone," ujar Trump saat pertemuan dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di Oval Office hari Kamis.

Insiden ini meningkatkan ketegangan antara kedua negara. Pemerintahan Trump telah mengumumkan pengerahan 1.000 tentara tambahan ke Timur Tengah. Sedangkan Iran mengumumkan akan memperkaya uranium melebihi level dari apa yang seharusnya dilarang di bawah kesepakatan nuklir Iran 2015.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4672 seconds (0.1#10.140)