Pistol Van Gogh Terjual Rp2 Miliar di Paris

Jum'at, 21 Juni 2019 - 08:12 WIB
Pistol Van Gogh Terjual Rp2 Miliar di Paris
Pistol Van Gogh Terjual Rp2 Miliar di Paris
A A A
PARIS - Pistol milik pelukis Belanda Vincent Van Gogh terjual senilai USD145.700 (Rp2 miliar) dalam lelang di Paris. Pistol itu diyakini digunakan Van Gogh untuk bunuh diri di Prancis pada 1890.

Pembeli anonim membawa pulang pistol Lefaucheux yang sudah sangat berkarat tersebut. Harga pistol itu dua kali lipat lebih mahal dibandingkan harga penawaran awal dala melelang di Drouot.

“Ini bagian yang sangat simbolis,” papar pelelang Gregoire Veyres.

“Fakta bahwa ini senjata, ini benda kematian. Dan jika Van Gogh adalah Van Gogh, ini karena dia bunuh diri dan senjata ini bagian dari itu,” tutur dia.

Van Gogh menderita serangan psikosis dan depresi sepanjang hidupnya. Kondisi itu pun mempengaruhi karya-karya lukisannya, baik saat melukis potret diri atau karya lain seperti lukisan berjudul The Starry Night dan Sunflowers.

Dia juga terkenal karena memotong bagian telinga kirinya dengan pisau cukur saat berdebat dengan sesama seniman Paul Gauguin.

Van Gogh meninggal dunia di Auvers-sur-Oise, dekat Paris pada Juli 1890 saat berusia 37 tahun, lebih dari dua hari setelah dia menembak dirinya sendiri di bagian leher di ladang gandum tempat dia sebelumnya melukis.

Setelah gagal bunuh diri secara cepat, dia segera kembali ke penginapan tempat dia tinggal dan dirawat oleh penjaga penginapan, Arthur Ravoux dan putrinya Adeline yang baru berusia 13 tahun saat itu. Keduanya menceritakan kejadian itu lebih dari 60 tahun kemudian.

“Saya telah mencoba bunuh diri,” kata Van Gogh seperti diceritakan Ravoux.

Seniman itu tinggal lebih dari dua bulan di penginapan itu, menghasilkan sekitar 80 lukisan yang merupakan karya terakhirnya. Pencarian senjata itu dilakukan pada hari setelah Van Gogh meninggal dunia tapi senjata itu tidak ditemukan hingga 1960-an, di ladang gandum yang sama, dengan kaliber yang sama dan menunjukkan indikasi senjata itu telah ditembakkan. (Syarifudin)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3380 seconds (0.1#10.140)