alexametrics

Keukeuh Beli S-400 Rusia, Erdogan Tegaskan Akan Balas Sanksi AS

loading...
Keukeuh Beli S-400 Rusia, Erdogan Tegaskan Akan Balas Sanksi AS
Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian
A+ A-
ISTANBUL - Turki akan membalas jika Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi atas pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. Hal itu ditegaskan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Dalam pertemuan dengan pers asing di Istanbul, Erdogan mendesak AS untuk peka terkait sanksi terhadap Turki yang merupakan anggota NATO.

"Memberlakukan sanksi pada salah satu anggota terkuat blok itu tidak dapat diterima," katanya, menekankan bahwa Turki tidak akan tinggal diam pada langkah-langkah hukuman AS.



"Kami akan memiliki sanksi kami sendiri," tambahnya seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (21/6/2019).

Pemimpin Turki itu juga menyatakan bahwa pembelian S-400 adalah kesepakatan yang telah selesai dan pengiriman pertama mereka akan dilakukan pada paruh pertama bulan Juli ke lokasi yang sebelumnya ditentukan oleh Angkatan Bersenjata Turki.

Erdogan mengatakan ia akan membahas masalah ini dengan rekannya dari AS, Donald Trump, selama KTT G20 yang dijadwalkan akhir Juni ini di Jepang.

Washington dilaporkan menghentikan pelatihan pilot jet tempur F-35 Turki sebagai tambahan terhadap ancaman sanksi ekonomi dan militer lainnya saat Ankara menegaskan kesepakatan S-400 dengan Rusia.

Erdogan mengatakan Turki sejauh ini telah membayar USD1,25 miliar untuk F-35, seraya menambahkan negaranya akan mengajukan banding ke pengadilan internasional untuk pengembalian uang jika ada langkah yang salah dilakukan oleh Washington.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak