alexametrics

Putin Peringatkan Trump: Perang dengan Iran Akan Jadi Bencana

loading...
Putin Peringatkan Trump: Perang dengan Iran Akan Jadi Bencana
Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Presiden AS Donald Trump bahwa perang dengan Iran akan menimbulkan bencana. Foto/Istimewa
A+ A-
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, memperingatkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bahwa serangan terhadap Iran akan memiliki konsekuensi yang sangat besar. Ia menambahkan aksi militer akan memicu eskalasi permusuhan di seluruh kawasan.

"Ini akan menjadi bencana, minimum, bagi wilayah Timur Tengah," kata Putin dalam sebuah wawancara live via telepon seperti dilansir dari AP, Kamis (20/6/2019).

Putin mencatat bahwa Iran telah mematuhi ketentuan-ketentuan perjanjian nuklir yang penting meskipun AS menarik diri dari perjanjian tersebut. Ia menambahkan bahwa ia menganggap sanksi AS terhadap Iran tidak berdasar.



Ditanya apakah Rusia bisa bersedia untuk menegosiasikan "tawar-menawar besar" dengan AS mengenai Suriah dan masalah-masalah lain, Putin menjawab: "Kami tidak berdagang dengan sekutu, kepentingan, dan prinsip kami."

Dia menambahkan, bagaimanapun, bahwa perlu untuk membahas masalah regional dengan berbagai pemain, termasuk Amerika Serikat.

Ketegangan terjadi di Timur Tengah setelah serangan terhadap dua kapal tanker di dekat Selat Hormuz. Washington menuduh Iran melakukan serangan itu, namun dengan tegas dibantah oleh Teheran.

Eskalasi meningkat setelah Iran mengatakan telah menembak jatuh pesawat drone mata-mata AS. Washington mengatakan Iran menembak pesawat nir awak itu di atas perairan internasional Selat Hormuz. Namun Teheran mengatakan pesawat mata-mata jenis RQ-4 Global Hawk telah melanggar wilayah udara Iran di atas provinsi pantai selatan Hormozgan.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak