alexametrics

Iran akan Lampui Batas Pengayaan Uranium

loading...
Iran akan Lampui Batas Pengayaan Uranium
Juru bicara Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), Behrouz Kamalvandi menuturkan, Teheran telah meningkatkan pengayaan uranium. Foto/Istimewa
A+ A-
TEHERAN - Iran menyatakan melampui batas cadangan uranium yang diperkaya berdasarkan kesepakatan nuklir 2015. Berdasarkan kesepakatan itu, Iran hanya boleh memiliki cadangan uranium yang diperkaya maksimal 300 kilogram.

Juru bicara Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), Behrouz Kamalvandi menuturkan, Teheran telah meningkatkan pengayaan uranium. Dalam beberapa hari ke depan, lanjut Kamalvandi, jumlah cadangan uranium yang diperkaya Iran akan melampui 300 kilogram.

"Kami telah meningkatkan produksi uranium di Natanz. Hitung mundur telah dimulai, dan pada 27 Juni, produksi uranium kami akan melampaui 300 kilogram," ucapnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (17/6).



Kamalvandi kemudian mengatakan, Teheran sedang menunggu keputusan para pejabat Iran mengenai memulai langkah kedua dari langkah-langkah untuk mengurangi komitmen terkait kesepakatan nuklir.

"Orang Eropa masih punya waktu. Kami menunggu satu tahun (bagi mereka untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir), yang merupakan 'kesabaran strategis' kami," katanya.

Dia lalu mengatakan, Iran memiliki dua opsi mengenai tingkat pengayaan uranium. "Salah satunya adalah meningkatkan pengayaan hingga 5% untuk penggunaan di pembangkit listrik Bushehr, atau meningkatkannya hingga 20% untuk reaktor Teheran," ungkapnya.

Dirinya menambahkan, seandainya Teheran tidak menemukan pasar dalam jangka waktu 2,5 bulan ke depan, persediaan air berat Iran bisa naik hingga 130 metrik ton.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak