alexametrics

Dijadikan Nama Permukiman Yahudi, Trump: Terima Kasih Israel

loading...
Dijadikan Nama Permukiman Yahudi, Trump: Terima Kasih Israel
Trump mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu setelah namanya dijadikan nama untuk sebuah permukiman di Dataran Tinggi Golan. Foto/Reuters
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu setelah namanya dijadikan nama untuk sebuah permukiman di Dataran Tinggi Golan. Israel menamai permukiman itu "Trump Heights" atau "Dataran Tinggi Trump".

Wilayah Golan sejatinya milik Suriah. Wilayah itu diduduki Israel dalam perang 1967 dan kemudian dianeksasi beberapa tahun kemudian. Komunitas internasional tidak pernah mengakui aneksasi tersebut. Namun, Trump pada Maret lalu secara sepihak memberikan pengakuan yang membuat Suriah dan negara-negara Arab marah.

Pemberian nama ini adalah bentuk penghargaan Israel terhadap pengakuan sepihak yang dibuat Trump atas Dataran Tinggi Golan.



"Terima kasih kepada Perdana Menteri Netanyahu dan Israel atas kehormatan ini," kata Trump dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (17/6).

Proyek "Trump Heights" ini juga dimaksudkan untuk mempererat hubungan AS dan Israel. Pada sesi kabinet khusus di Beruchim, sebuah clutch rumah yang berjarak hanya 12 km (7,5 mil) dari garis gencatan senjata Dataran Tinggi Golan dengan Suriah, Netanyahu meluncurkan tanda bertuliskan "Trump Heights" dalam bahasa Inggris dan Ibrani.

Tanda itu dihiasi dengan bendera Israel dan AS dan ditanam di sebidang rumput sintetis. "Trump adalah teman baik Israel. Dia telah merenggut topeng kemunafikan ini yang tidak mengenali apa yang sudah jelas," kata Netanyahu saat meresmikan pemukiman itu.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak