alexametrics

Pasca Serangan Tanker, Paus Francis Desak Semua Pihak Tahan Diri

loading...
Pasca Serangan Tanker, Paus Francis Desak Semua Pihak Tahan Diri
Pemimimpin spiritual Vatikan, Paus Franciskus menyerukan semua pihak menahan diri dan menurunkan ketegangan yang ada di Timur Tengah. Foto/Reuters
A+ A-
VATIKAN - Pemimimpin spiritual Vatikan, Paus Franciskus menyerukan semua pihak menahan diri dan menurunkan ketegangan yang ada di Timur Tengah. Seruan ini datang pasca serangan terhadap dua tanker di Teluk Oman beberapa waktu lalu.

Paus Francis mengatakan, dia benar-benar khawatir dengan konsekuensi dari serangan tersebut. Dia lalu mendesak semua pihak untuk menggunakan jalur diplomasi untuk menyelesaikan masalah yang ada.

"Saya mengundang semua orang untuk menggunakan instrumen diplomasi untuk menyelesaikan masalah kompleks konflik di Timur Tengah," katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (17/6).



"Saya memperbarui seruan yang tulus kepada komunitas internasional untuk melakukan segala upaya yang mungkin untuk mendukung dialog dan perdamaian," sambungnya.

Terkait serangan tersebut, ketua Parlemen Iran, Ali Larijani mengatakan, Amerika Serikat (AS) mungkin berada di balik serangan itu. Larijani menyebut, tidak asing bagi AS melakukan serangan dan kemudian menyalahkanya kepada pihak lain.

Berbicara pada sesi Parlemen Iran, Larijani mengatakan, serangan dua kapal tanker di Oman, mungkin adalah serangan "bendera palsu" lain yang dilakukan AS. Dia menyebut, hal ini mungkin dilakukan untuk memberikan tekanan lebih kepada Iran.

"Tindakan mencurigakan di Laut Oman terhadap kapal tanker minyak, tampaknya menjadi pelengkap bagi sanksi ekonomi AS. Ini dilakukan ketika AS tidak ke mana-mana dengan sanksi, juga terutama mengingat catatan sejarah AS di bidang operasi "bendera palsu",” Kata Larijani.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak