alexametrics

Rusia-China Kembangkan Inisiatif Baru Soal Semenanjung Korea

loading...
Rusia-China Kembangkan Inisiatif Baru Soal Semenanjung Korea
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia mengatakan, Rusia dan China mengembangkan insiatif baru Rusia-China soal Semenanjung Korea. Foto/Istimewa
A+ A-
MOSKOW - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia mengatakan, Rusia dan China mengembangkan insiatif baru Rusia-China soal Semenanjung Korea. Insiatif ini adalah kelanjutan dari langkah serupa yang dibuat oleh Rusia dan China tahun 2017 lalu.

Pada 2017, Rusia dan Cina mengajukan inisiatif, yang mencakup peta jalan untuk menyelesaikan masalah nuklir Semenanjung Korea. Inisiatif ini menetapkan penangguhan kegiatan rudal dan nuklir Korea Utara (Korut) dengan imbalan pengurangan latihan militer gabungan Amerika Serikat (AS)-Korsel.

Peta jalan itu juga menyerukan dialog antara Pyongyang dan Washington, serta untuk konsultasi yang melibatkan semua pihak yang berkepentingan.



"Untuk meningkatkan koordinasi, kami berencana untuk membahas secara menyeluruh sejumlah langkah yang diusulkan oleh Rusia dan China dalam inisiatif baru mereka," kata Kemlu Rusia dalam sebuah pernyataan.

"Ini adalah sebuah rencana aksi yang bertujuan untuk menemukan solusi komprehensif untuk masalah Semenanjung Korea, yang memperluas peta jalan bersama 2017 dan memiliki sudah diterima sebelumnya oleh mitra lain," sambungnya, seperti dilansir Tass pada Minggu (16/6).

Kementerian itu kemudian menuturkan bahwa insiatif ini akan dibahas dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan (Korsel), Kang Kyung-wha. Keduanya akan bertemu pekan depan.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak