alexametrics

Pakistan: Kekuatan Nuklir Harus Selesaikan Masalah Lewat Dialog

loading...
Pakistan: Kekuatan Nuklir Harus Selesaikan Masalah Lewat Dialog
Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan mengatakan, kekuatan nuklir dunia seharusnya tidak melihat opsi militer sebagai solusi potensial untuk argumen mereka. Foto/Istimewa
A+ A-
ISLAMABAD - Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan mengatakan, kekuatan nuklir dunia seharusnya tidak melihat opsi militer sebagai solusi potensial untuk argumen mereka. Sebaliknya, ungkap Khan, mereka harus bekerja melalui dialog untuk menyelesaikan masalah yang ada.

"Mari kita selesaikan semua perbedaan kita melalui dialog. Faktanya, itu adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan perbedaan kita. Tidak mungkin dua negara bersenjata nuklir harus berpikir untuk menyelesaikan perbedaan melalui cara militer. Ini kegilaan," kata Khan, berkenaan dengan perbedaan negaranya dengan India.

Khan, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (13/6), kemudian mengatakan, kontak antara rakyat Pakistan dan India hanya akan dapat meningkat jika pemerintah kedua negara ingin mengambil langkah-langkah ke arah tersebut.



"Kami berharap bahwa, seperti yang telah saya katakan, sekarang setelah pemilu berakhir, India akan merespons secara positif inisiatif ini, untuk kontak antar-masyarakat yang lebih jauh. Tetapi, sayangnya kontak antar-orang hanya berfungsi ketika pemerintah juga mencoba untuk lebih dekat," ungkapnya.

Khan menambahkan, dia berharap rekannya dari India, Narendra Modi yang kembali memenangkan pemilihan umun, akan menggunakan mandatnya untuk menyelesaikan perbedaan dan meningkatkan hubungan kedua negara.

"Perbedaan utama kita dengan India adalah Kashmir. Dan, jika dua kepala negara menyelesaikan, jika dua pemerintah memutuskan, masalah ini dapat diselesaikan," ucapnya.

"Tapi, sayangnya sejauh ini kita belum mendapatkan banyak keberhasilan dari India. Tapi, sekarang kita berharap Perdana menteri saat ini memiliki satu mandat besar, kami berharap dia akan menggunakan mandat ini untuk mengembangkan hubungan yang lebih baik dan membawa perdamaian di anak benua," tukasnya.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak