alexametrics

Turki: AS Belum Respon Soal Pembentukan Kelompok Kerja S-400

loading...
Turki: AS Belum Respon Soal Pembentukan Kelompok Kerja S-400
Turki menyatakan, AS belum merespon ajakan ntuk membentuk kelompok kerja bersama untuk mencoba meredakan ketegangan atas pembelian S-400 Rusia. Foto/Istimewa
A+ A-
ANKARA - Turki menyatakan, Amerika Serikat (AS) belum merespon ajakan ntuk membentuk kelompok kerja bersama untuk mencoba meredakan ketegangan atas pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.

Kepala Direktorat Industri Pertahanan Turki, Ismail Demir mengatakan, Turki siap untuk membahas keprihatinan Washington dan telah mengajukan ide untuk membentuk kelompok kerja. Namun, sampai saat ini, papar Demir, belum ada respon dari AS mengenai hal ini.

"Jika sumber kekhawatiran adalah kekhawatiran teknis yang berasal dari S-400 yang berlokasi di Turki, kami telah berulang kali mengatakan bahwa kami siap untuk membahas ini," kata Demir.



"Namun, pihak lain (AS) belum mengambil langkah apa pun untuk membentuk tim teknis dan mendiskusikan hal ini," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (11/6).

Komentar Demir muncul setelah Menteri Pertahanan AS, Patrick Shanahan pekan lalu mengirim surat kepada Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar. Di mana dalam surat itu, Shanahan menguraikan bagaimana Turki akan ditarik keluar dari program F-35, jika tidak membatalkan kesepakatan S-400.

Demir mengatakan, Kementerian Pertahanan dan direktoratnya sedang berupaya mengirimkan tanggapan segera atas surat tersebut.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak