Iran Pamer Sistem Rudal Baru, Diklaim Bisa Hancurkan 'Target Siluman'

Senin, 10 Juni 2019 - 10:18 WIB
Iran Pamer Sistem Rudal Baru, Diklaim Bisa Hancurkan Target Siluman
Iran Pamer Sistem Rudal Baru, Diklaim Bisa Hancurkan 'Target Siluman'
A A A
TEHERAN - Militer Teheran memperlihatkan sistem pertahanan rudal udara buatan dalam negeri terbaru. Senjata pertahanan ini diklaim mampu menembak enam sasaran secara bersamaan dan menghancurkan "target siluman" dari jarak 45 km.

Target siluman yang dimaksud adalah senjata musuh dengan teknologi siluman atau anti-radar.

Senjata pertahanan itu diluncurkan Teheran pada hari Minggu di tengah meningkatnya ketegangan di sekitar Teluk Persia antara Amerika Serikat dan negara para Mullah tersebut.

Sitem rudal tersebut diberi nama "Khordad 15". Sistem itu dilengkapi dengan rudal jarak jauh Sayyad 3. Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal Amir Hatami mengatakan misil Sayyad 3 dapat menembak jatuh jet tempur pada jarak 120 kilometer.

Menteri itu juga mengklaim sistem rudal Khordad 15 dirancang untuk menembak jatuh enam target secara bersamaan.

Mengutip kantor berita Tasnim, Senin (10/6/2019), sistem Khordad 15 dilengkapi dengan radar array yang dapat mendeteksi pesawat tempur dan drone penganggu dalam jarak 150 kilometer dan menembaknya pada jarak 120 kilometer.

Adapun ketinggian maksimum serangan dari Khordad 15, kata Hatami, adalah mampu menembak jatuh target pada ketinggian 27 kilometer dari darat. Sistem baru dilaporkan telah dikerahkan ke Pasukan Pertahanan Udara Iran.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3481 seconds (0.1#10.140)