alexametrics

Idul Fitri di Hari Kerja, WNI di Swedia Bahagia Sekaligus Sedih

loading...
Idul Fitri di Hari Kerja, WNI di Swedia Bahagia Sekaligus Sedih
Duta Besar Republik Indonesia untuk Swedia, Bagas Hapsoro, sampaikan sambutan sebelum pelaksanaan salat Ied di Masjid Besar Stockholm, Selasa (4/6/2019). Foto/KBRI Stockholm
A+ A-
STOCKHOLM - Puluhan warga negara Indonesia (WNI) di Swedia melaksanakan salat Idul Fitri (Ied) di Masjid Besar Stockholm di Wisma Duta RI di kawasan Lidingo, Selas (4/6/2019). Para WNI yang berlebaran di negara tersebut merasa bahagian sekaligus sedih karena hari raya jatuh pada hari kerja.

Salat Ied di Masjid Besar Stockholm diimami oleh Sahilaushafnur Rosyadi, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menjalani masa tesis di Volvo, perusahaan otomotif terkemuka Swedia di Gothenborg. Rosyadi juga menjadi khatib.

"Bulan Ramadhan telah selesai, namun setiap hari umat Islam harus terus meningkatkan keimanan dan memperkuat persatuan dan tali persaudaraan," katanya Rosyadi dalam khotbahnya.



Duta Besar Republik Indonesia untuk Swedia, Bagas Hapsoro, dalam sambutan pembukaan sebelum pelaksanaan salat Ied menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran jamaah WNI.

“Mari kita sebagai anak-anak bangsa dapat bersatu, jauhkan buruk sangka, dan tinggalkan segala permusuhan dengan menyambut hari yang fitri ini. Ingat juga untuk terus bersyukur atas berkat rahmat Allah yang terus melimpah atas kita," katanya, dalam keterangan pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Stockholm yang diterima SINDOnews.com, Rabu (5/6/2019).

Widianto Wibisono, salah seorang WNI yang ikut salat Ied menyampaikan perasaannya bisa berlebaran di negara Eropa tersebut. "Saya merasa sangat bahagia sekaligus sedih, bahagia karena masih bisa menyambut Idul Fitri, namun juga sedih karena banyak rekan yang tidak bisa bergabung karena masih kerja," ujarnya.

Idul Fitri di Swedia tahun ini jatuh di hari kerja, dan oleh karenanya beberapa orang sudah terlanjur tidak bisa cuti. Setelah salat Ied, para WNI menyantap hidangan soto mi, tape uli, dan es cendol.

Selain salat Ied, para WNI di Swedia juga menggelar halalbihalal yang rencananya berlangsung pada Sabtu, 8 Juni 2019. Acara ini diperkirakan dihadiri lebih banyak WNI.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak