Ada Tanda Tangan Trump dan Tulisan 'Nice' di Peta Baru Israel

Jum'at, 31 Mei 2019 - 11:09 WIB
Ada Tanda Tangan Trump dan Tulisan Nice di Peta Baru Israel
Ada Tanda Tangan Trump dan Tulisan 'Nice' di Peta Baru Israel
A A A
TEL AVIV - Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, memamerkan peta baru negara Zionis itu yang dibuat oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS). Ia terlihat sangat senang karena peta baru tersebut memasukkan Dataran Tinggi Golan ke wilayah Israel.

Ada yang menarik dalam peta baru Israel yang ditunjukkan oleh Netanyahu. Peta tersebut dibubuhi tanda tangan Presiden AS Donald Trump beserta tulisan "Nice" diatasnya.

Di atas peta tersebut ada sebuah panah hitam yang digambar dengan tangan dibubuhi tulisan "Nice". Panah hitam itu menunjuk pada wilayah Dataran Tinggi Golan. Sementara tanda tangan Trump terlihat di sepanjang sisi peta baru wilayah Israel.

Netanyahu mengatakan peta itu adalah hadiah dari menantu Trump sekaligus penasihat seniornya, Jared Kushner, yang mengunjungi Yerusalem sebagai bagian dari kunjungan ke beberapa negara di wilayah tersebut.

"Jared Kushner membawakan saya peta yang diperbarui yang mencakup Dataran Tinggi Golan dalam kedaulatan Israel - di sini adalah tanda tangan Presiden Trump dan ia menulis di sini 'Nice,'" kata Netanyahu seperti dilansir dari CNN, Jumat (31/5/2019).

Israel merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah selama Perang Enam Hari 1967 dan mencaploknya pada 1981, menggunakannya sebagai pos militer strategis.

Pada bulan Maret, Trump mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan. Keputusan ini menentang kebijakan AS selama lebih dari 50 tahun dan membuat AS berselisih dengan konsensus internasional yang menganggap Golan sebagai wilayah Suriah yang diduduki.

Trump mengambil langkah itu hanya dua minggu sebelum pemilihan umum Israel pada 9 April, memberi Netanyahu dorongan politik yang sangat besar.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3473 seconds (0.1#10.140)