alexametrics

Dubes Iran untuk PBB: Teheran Tidak Ingin Perang dengan AS

loading...
Dubes Iran untuk PBB: Teheran Tidak Ingin Perang dengan AS
Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
NEW YORK - Duta Besar Iran untuk PBB, Majid Takht-Ravanchi mengatakan, Teheran tidak menginginkan perang meletus di kawasan itu. Hal itu diungkapkannya ditengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat (AS).

"Iran tidak menginginkan perang di kawasan Timur Tengah, baik dengan Amerika Serikat maupun dengan negara lain," kata Takht-Ravanchi.

"Namun kami akan berdiri dengan tegas terhadap segala tindakan agresi terhadap negara kami," tegasnya seperti dilansir dari Xinhua, Minggu (26/5/2019).



Pejabat Iran itu lebih lanjut menolak dialog dengan AS di bawah tekanan.

"Pembicaraan tulus tidak bisa produktif jika mereka digabungkan dengan intimidasi, paksaan dan sanksi," ujar Takht-Ravanchi.


"Dialog hanya bisa berhasil jika kedua belah pihak menerima prinsip saling menghormati dan kemudian bertindak sejajar," tambahnya.

Iran telah berada di bawah tekanan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh AS setelah Presiden Donald Trump menarik dari dari perjanjian nuklir 2015 pada Mei tahun lalu.

Washington berupaya untuk menyegel kesepakatan nuklir baru dengan Iran, untuk lebih membatasi program nuklir Iran, menghentikan pengembangan rudal balistik Iran dan dorongan pengaruh Iran di wilayah Timur Tengah.

Selain itu, meningkatnya ketegangan antara Teheran dan Washington telah menempatkan kedua negara itu di tepi bentrokan militer.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak