Jet Tempur AS Kembali Cegat Pembom Rusia di Alaska

Jum'at, 24 Mei 2019 - 00:43 WIB
Jet Tempur AS Kembali Cegat Pembom Rusia di Alaska
Jet Tempur AS Kembali Cegat Pembom Rusia di Alaska
A A A
WASHINGTON - Pesawat tempur F-22 Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dua hari berturut-turut mencegat pesawat pembom Rusia yang memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska (ADIZ).

Pesawat Rusia tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak pernah memasuki wilayah udara AS. Tetapi kali ini, pesawat Rusia terbang masuk dan keluar dari zona ADIZ yang membentang 200 mil dari garis pantai Alaska.

"Dua pasang jet tempur F-22, masing-masing dengan pengebom Tu-95 E-3 yang dicegat, jet tempur Su-35 memasuki zona ADIZ Alaska pada 21 Mei. Para pembom memasuki ADIZ dan dicegat oleh dua F-22, keluar dan kemudian memasuki kembali ADIZ Alaska disertai dengan dua jet tempur Su-35," menurut pernyataan komando Amerika Utara, NORAD, seperti dikutip dari ABC News, Jumat (24/5/2019).

Pesawat E-3 AWAC menyediakan koordinasi dan pengawasan radar udara.

"NORAD melakukan dua F-22 dan E-3 tambahan untuk meringankan pesawat pencegat awal," lanjut pernyataan itu.

"Sebuah pesawat pengisian bahan bakar KC-135 mendukung kedua tim intersepsi NORAD. Pesawat Rusia tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak pernah memasuki wilayah udara AS atau Kanada," demikian pernyataan NORAD.

NORAD mengatakan pencegatan minggu ini menandai keempat dan kelima pesawat Rusia tahun ini. Dua pembom Tu-95 Rusia dan dua pejuang Su-35 terlibat dalam insiden hari Selasa.

Sebelumnya, pada hari Senin, empat pembom Tu-95 dan dua pejuang Su-35 dicegat oleh empat F-22 Amerika.

Baca Juga: AS Cegat 4 Bomber dan 2 Jet Tempur Rusia di Lepas Pantai Alaska

Zona ADIZ Alaska adalah wilayah udara yang membentang 200 mil dari garis pantai dan dipantau untuk kepentingan keamanan nasional. Wilayah udara teritorial AS dimulai 12 mil dari garis pantai.

NORAD, sebuah komando militer bersama AS-Kanada, mengirimkan pesawat militer untuk mengidentifikasi pesawat yang tidak dikenal yang transit melalui ADIZ Amerika atau Kanada.

Penerbangan Rusia minggu ini adalah yang pertama terjadi di dekat Alaska sejak Januari, ketika pembom Rusia memasuki ADIZ Kanada dan dicegat oleh pesawat Kanada dan AS.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam pernyataannya sendiri pada hari Selasa bahwa empat pembom strategis Tu-95ms dari Angkatan Udara Rusia membuat sorties di atas perairan netral Chukotka, Bering dan laut Okhotsk, serta di sepanjang pantai barat Alaska dan pantai utara Kepulauan Aleut.

"Pada tahap tertentu dari rute itu, pesawat Rusia dikawal oleh jet tempur F-22 dari USAF," menurut pernyataan itu.

"Total waktu penerbangan melebihi 12 jam," sambung pernyataan itu.

"Semua penerbangan Angkatan Udara dan Luar Angkasa Rusia dilakukan sesuai ketat dengan Sistem Manajemen Ruang Udara Internasional tanpa melanggar perbatasan negara-negara lain," demikian pernyataan itu.

Dibutuhkan sedikit usaha bagi militer Rusia untuk melakukan misi pembom jarak jauh ke timur jauh Rusia dan perairan lepas Alaska. Armada pembom jarak jauh Rusia diposisikan di Rusia tengah dan barat, yang berarti pembom dan tim pemeliharaannya diterbangkan ke pangkalan udara Rusia bagian timur sehingga mereka dapat melakukan misi semacam ini.

Selama dua tahun terakhir, misi Rusia yang dekat dengan Alaska telah terjadi dua hingga tiga kali setahun.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3752 seconds (0.1#10.140)