alexametrics

Tegang dengan China, Taiwan Latihan Perang dengan 22 Jet Tempur

loading...
Tegang dengan China, Taiwan Latihan Perang dengan 22 Jet Tempur
Kapal-kapal perang Taiwan yang dilibatkan dalam latihan live-fire di sepanjang pantai timur negara itu, Rabu (22/5/2019). Foto/Focus Taiwan
A+ A-
TAIPEI - Militer Taiwan menggelar latihan perang yang melibatkan 22 pesawat jet tempur dan 22 kapal perang di sepanjang pantai timur negara tersebut. Manuver berupa live-fire itu digelar di saat ketegangan dengan China memanas lagi.

Ke-22 jet tempur yang dilibatkan mencakup pesawat multiperan Mirage 2000 dan F-16 yang selama ini jadi andalan negara tersebut.

Manuver yang digelar hari Rabu itu tercatat sebagai latihan live-fire maritim terbesarnya dalam lima tahun terakhir. Manuver itu diadakan menjelang latihan Han Kuang, yakni latihan militer tahunan terbesar Taiwan yang akan diselenggarakan dari 27 hingga 31 Mei 2019.



Latihan live-fire tersebut mensimulasikan serangan oleh China di pelabuhan Angkatan Laut Suao di Distrik Yilan ketika pesawat musuh melintasi Selat Taiwan menuju bagian utara Taiwan. Pusat peperangan di Suao kemudian mengeluarkan pemberitahuan tentang kesiapan tempur untuk wilayah pelabuhan berdasarkan informasi intelijen terkait adanya ancaman musuh.

Kemudian, kapal perusak kelas Keelung berkekuatan 9.525 ton, Tsoying, meninggalkan pelabuhan Suao dan bergabung dengan kapal-kapal lain di pelabuhan Hualien untuk melawan serangan itu.

Kementerian Pertahanan setempat, seperti dikutip dari Focus Taiwan, Kamis (23/5/2019), mengatakan manuver itu meliputi latihan pertahanan anti-pesawat, operasi gabungan anti-pesawat dan anti-kapal selam Angkatan Udara dan Angkatan Laut, penembakan rudal terhadap pesawat dan kapal, dan pengujian jalur pasokan Angkatan Laut.

Beijing kerap mengirim pesawat dan kapal militer di dekat Taiwan selama latihan dalam beberapa tahun terakhir di tengah upaya intensifnya untuk mengintimidasi pulau itu agar bersatu dengan China dan mengisolasinya dari komunitas masyarakat internasional.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak