Jet Tempur AS Cegat Pesawat Militer Rusia di Alaska

Rabu, 22 Mei 2019 - 14:11 WIB
Jet Tempur AS Cegat Pesawat Militer Rusia di Alaska
Jet Tempur AS Cegat Pesawat Militer Rusia di Alaska
A A A
WASHINGTON - Komando Pertahanan Aerospace Amerika Utara (NORAD) mengatakan, jet tempur Amerika Serikat (AS) telah mencegat enam pesawat militer Rusia di wilayah udara internasional di lepas pantai barat Alaska. Jet tempur AS, lanjut NORAD, membayangi keenam pesawat Rusia hingga keluar wilayah udara Alaska.

NORAD mengatakan, jet siluman F-22 AS mencegat empat pembom Tupolev Tu-95 Rusia dan dua jet tempur Su-35 Rusia, setelah mereka memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ), yang membentang sekitar 320 kilometer di lepas pantai barat Alaska.

"Prioritas utama NORAD adalah membela Kanada dan AS. Kemampuan kami untuk mencegah dan mengalahkan ancaman terhadap warga kami dan infrastruktur vital dimulai dengan mendeteksi, melacak, dan mengidentifikasi pesawat secara positif di wilayah udara kami," kata komandan NORAD, Jenderal Terrence O'Shaughnessy.

"Kami selalu siaga 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, 365 hari setahun," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir PressTV pada Rabu (22/5).

Kementerian Pertahanan Rusia membenarkan insiden itu. Mereka mengatakan pesawat pengebom Tu-95 melakukan penerbangan terjadwal di atas perairan netral Chukotka, laut Bering dan laut Okhotsk, serta di sepanjang pantai barat Alaska dan pantai utara Kepulauan Aleut.

"Pada tahap tertentu dari rute, pesawat Rusia dikawal oleh jet tempur F-22 dari Angkatan Udara Rusia. Total waktu penerbangan melebihi 12 jam," kata kementerian itu melalui akun Twitternya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3428 seconds (0.1#10.140)