Jokowi Menang Pilpres, PM Australia dan Malaysia Ucapkan Selamat

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:27 WIB
Jokowi Menang Pilpres, PM Australia dan Malaysia Ucapkan Selamat
Jokowi Menang Pilpres, PM Australia dan Malaysia Ucapkan Selamat
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison, mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terpilih kembali dalam pemilihan presiden (pilpres) Indonesia 2019. Ucapan serupa juga disampaikan PM Malaysia Mahathir Mohamad.

"Selamat @jokowi atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Indonesia. Indonesia adalah salah satu mitra strategis paling penting di Australia. Kami berharap dapat memperdalam ikatan antara Australia dan Indonesia di semua kepentingan bersama," tulis Morrison melalui akun Twitter-nya, @ScottMorrisonMP, Selasa (21/5/2019).

Morrison sendiri juga baru saja memenangkan pemilu Australia. PM Morrison dari kubu Koalisi Liberal-Nasional yang berkuasa atau kubu petahana menang atas kubu oposisi, yakni Partai Buruh yang dipimpin Bill Shorten.

Ucapan dari PM Malaysia Mahathir Mohamad juga disampaikan via Twitter. "Saya mengucapkan selamat kepada Bapak @jokowi atas kemenangan resminya sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama antara kedua negara akan menjadi lebih intens setelah ini," tulis Mahathir dalam bahasa Melayu via akun @chedetofficial.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengumumkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang dalam pemilu 2019. Pengumuman disampaikan pada Selasa dini hari.

Menurut hasil rekapitulasi oleh KPU, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 85.036.828 suara atau 55,41 persen dari total 153.479.321 suara sah secara nasional.

Sedangkan pasangan rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, meraih 68.442.493 suara atau 44,59 persen.

Sebelumnya, PM India Narendra Modi juga mengucapkan selamat kepada Jokowi melalui Twitter. Ucapan dari Modi bahkan ditulis dalam bahasa Indonesia.

"Selamat yang sebesar-besarnya kepada @jokowi atas terpilihnya Anda kembali! Sebagai dua negara demokrasi besar, kami bangga atas keberhasilan perayaan demokrasi. Kami berharap Anda dan rakyat Indonesia semua sukses di bawah kepemimpinan dinamis Anda," tulis Modi yang dikutip dari akun Twitter-nya, @narendramodi.

Selain mengucapkan selamat, pemimpin India tersebut juga menyampaikan harapannya untuk bisa bekerja sama.

"Saat kita menandai tujuh dekade hubungan diplomatik kita, saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk semakin memperdalam Kemitraan Strategis Komprehensif bilateral kita. @jokowi," lanjut Modi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4830 seconds (0.1#10.140)