alexametrics

Fatir Tir, 'Serigala' ISIS asal Indonesia yang Diburu Polisi Malaysia

loading...
Fatir Tir, Serigala ISIS asal Indonesia yang Diburu Polisi Malaysia
Ilustrasi bendera kelompok ISIS. Foto/REUTERS/Kevin Lamarque
A+ A-
KUALA LUMPUR - Polisi Diraja Malaysia terus memburu tiga anggota "wolf pack" atau "kawanan serigala" ISIS yang berencana membunuh empat pejabat penting dan melancarkan serangan besar-besaran terhadap tempat ibadah non-Muslim. Satu dari tiga orang yang diburu itu adalah Fatir Tir, warga negara Indonesia (WNI).

"Kami masih melacak mereka," kata Inspektur Jenderal Polisi Malaysia, Abdul Hamid Bador, di Bukit Aman, Rabu (15/5/2019).

"Yang memiliki informasi tentang keberadaan mereka didesak untuk membagikannya kepada polisi," lanjut dia, seperti dikutip The Star.



Fatir Tir memiliki alamat terakhir di Banting, Selangor. Dua tersangka lain yang juga diburu adalah Syazani Mahzan, 21, dan Muhamad Nuurul Amin Azizan, 27, yang keduanya merupakan warga Malaysia.

Ketiga tersangka tersebut diburu untuk membantu penyelidikan terhadap empat tersangka anggota sel "kawanan serigala" ISIS yang telah ditangkap di Kuala Lumpur dan Terengganu pada 5-7 Mei. Dari empat tersangka yang ditangkap itu, salah satunya adalah WNI berusia 49 tahun.

Abdul Hamid dalam konferensi pers sebelumnya pada hari Senin lalu mengungkap rencana serangan para tersangka. "Mereka berencana untuk melaksanakan rencananya pada minggu pertama Ramadhan untuk 'membalas' kematian Muhammad Adib," katanya.

Muhammad Adib adalah seorang petugas pemadam kebakaran yang meninggal selama kerusuhan rasial di sebuah kuil Hindu pada November 2018. Penyelidikan atas kematiannya masih berlanjut.

Alasan lain para tersangka ingin membunuh para pejabat penting atau VIP adalah karena para pejabat dianggap gagal "melindungi kesucian Islam".
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak