alexametrics

Swedia Buka Kembali Kasus Pemerkosaan Assange

loading...
Swedia Buka Kembali Kasus Pemerkosaan Assange
Swedia dilaporkan membuka kembali penyelidikan atas tuduhan pemerkosaan yang dilakukan oleh pendiri WikiLeaks, Julian Assange. Foto/Reuters
A+ A-
STOCKHOLM - Swedia dilaporkan membuka kembali penyelidikan atas tuduhan pemerkosaan yang dilakukan oleh pendiri WikiLeaks, Julian Assange. Swedia disebut akan meminta Inggris untuk mengekstradisi Assange ke Stockholm.

Wakil Kepala Jaksa Penuntut Swediam, Eva-Marie Persson mengatakan pada konferensi pers bahwa dia akan melanjutkan penyelidikan awal yang dibatalkan pada 2017, karena Assange mengungsi ke kedutaan Ekuador di London.

Dia mengatakan akan meminta Assange ditahan karena ketidakhadirannya atas dugaan kasus pemerkosaan dan mengatakan akan mengeluarkan surat perintah penangkapan Eropa, sebuah proses permintaan ekstradisi terhadap Assange.



Namun, Persson kemudian mengatakan dia juga menyadari bahwa Amerika Serikat (AS) juga telah mengajukan permohonan kepada London untuk mengekstradisi Assange ke Washington.

"Saya sangat menyadari fakta bahwa proses ekstradisi sedang berlangsung di Inggris dan bahwa ia dapat diekstradisi ke AS," kata Persson dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (14/5).

AS mencari ekstradisi atas Assange, dalam upaya mereka untuk mengadili pria asal Austalia itu atas tuduhan konspirasi yang berkaitan dengan perilisan sejumlah dokumen rahasia oleh Wikileaks, termasuk penilaian terhadap pemimpin asing, perang dan masalah keamanan.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak