alexametrics

PM Israel Sudah Pilih Lokasi Pemukiman Baru Bernama Trump di Golan

loading...
PM Israel Sudah Pilih Lokasi Pemukiman Baru Bernama Trump di Golan
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto/REUTERS/Gali Tibbon
A+ A-
TEL AVIV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengatakan lokasi untuk pemukiman baru di Dataran Tinggi Golan sudah dipilih. Pemukiman anyar itu akan diberi nama Trup, seperti nama Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Menurut Netanyahu penentuan titik pemukiman baru itu sedang dalam proses persetujuan resmi.

Netanyahu sebelumnya berjanji memberikan nama Trump untuk sebuah area pemukiman di Dataran Tinggi Golan sebagai sebagai penghargaan untuk pengakuan Trump atas klaim kedaulatan Israel di wilayah yang direbut dari Suriah melalui Perang Enam Hari 1967 tersebut.



"Saya berjanji bahwa kita akan membangun sebuah komunitas yang diberi nama Presiden Trump," kata Netanyahu pada awal rapat kabinet mingguan pada hari Minggu.

"Saya ingin memberi tahu Anda bahwa kami telah memilih situs di Dataran Tinggi Golan tempat komunitas baru ini akan didirikan, dan kami telah memulai prosesnya," katanya lagi, seperti dikutip Al Jazeera, Senin (13/5/2019).

Pada 25 Maret Trump secara sepihak mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan yang dikecam komunitas internasional, terutama Suriah dan negara-negara Arab.

Israel mencaplok 1.200 kilometer persegi Dataran Tinggi Golan yang direbutnya dari Suriah pada 1981. Langkah itu tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Sekitar 18.000 warga Suriah dari sekte Druze—yang sebagian besar menolak untuk menjadi warga negara Israel—tetap berada di Golan yang diduduki pasukan Israel.

Sekitar 20.000 pemukim Israel telah pindah ke sana, yang tersebar di 33 pemukiman.

Sebelumnya pada 2017, Trump mengambil langkah kontroversial dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Tindakan itu memicu kemarahan publik Palestina yang mengklaim Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan negara mereka. Kedutaan Besar AS juga telah dipindahkan dari Tel Aviv ke Yerusalem dan diresmikan pada 14 Mei 2018.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak