UE Tolak Ultimatum yang Disampaikan Iran

Kamis, 09 Mei 2019 - 18:52 WIB
UE Tolak Ultimatum yang Disampaikan Iran
UE Tolak Ultimatum yang Disampaikan Iran
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) dan Menteri Luar Negeri Jerman, Prancis dan Inggris dalam sebuah pernyataan bersama mengatakan ingin mempertahankan kesepakatan nuklir dengan Iran. Mereka kemudian menegaskan menolak ultimatum yang disampaikan oleh Teheran.

"Kami menolak ultimatum dan kami akan menilai kepatuhan Iran berdasarkan kinerja Iran mengenai komitmen terkait nuklirnya di bawah JCPOA dan Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir (NPT)," bunyi pernyataan itu, seperti dilansir Reuters pada Kamis (9/5).

Mereka menyesalkan penerapan kembali sanksi oleh Amerika Serikat (AS) dan menambahkan bahwa mereka tetap berkomitmen untuk melestarikan dan mengimplementasikan sepenuhnya perjanjian nuklir Iran.

"Kami bertekad untuk terus mengejar upaya untuk memungkinkan kelanjutan perdagangan yang sah dengan Iran. Ini termasuk mendapatkan sebuah "kendaraan" khusus yang bertujuan memungkinkan bisnis dengan Iran," sambungnya.

Sebelumnya diwartakan, Presiden Iran, Hassan Rouhani kemarin mengatakan Iran akan mengurangi kepatuhannya dengan perjanjian nuklir 2015 dalam 60 hari kecuali negara-negara penandatangan memenuhi janji dengan perjanjian itu.

Rouhani mengatakan, Iran akan meningkatkan tingkat pengayaan uranium dan bersiap-siap untuk melakukan pembicaraan dengan Eropa mengenai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) di mana sanksi luas terhadap ekonomi Iran dicabut dan Teheran sebagai gantinya setuju menerima batasan pada program teknologi nuklirnya dan memungkinkan inspeksi instalasi nuklirnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5139 seconds (0.1#10.140)