AS Luncurkan Misil Balistik Antarbenua Minuteman III dari Vandenberg

Rabu, 01 Mei 2019 - 22:45 WIB
AS Luncurkan Misil Balistik Antarbenua Minuteman III dari Vandenberg
AS Luncurkan Misil Balistik Antarbenua Minuteman III dari Vandenberg
A A A
CALIFORNIA - Militer Amerika Serikat (AS) meluncurkan Sebuah misil balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III dalam sebuah tes operasional, Rabu (1/5/2019) pagi waktu setempat. Peluncuran misil yang tidak bersenjata atau berhulu ledak ini dilakukan dari Pangkalan Angkatan Udara Vendenberg (VAFB), California.

Menurut pihak Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg, misil tersebut lepas landas pada pukul 02.42 pagi sebagai bagian dari tes operasional. Kolonel Kris Barcomb, komandan Grup Operasi ke-30, adalah pemegang otoritas soal keputusan peluncuran.

"Kemitraan antara Sayap Ruang Angkasa ke-30 dan mitra misi Komando Serangan Global Angkatan Udara kami telah memuncak dalam peluncuran uji operasional Minuteman III yang aman," kata Barcomb.

"Upaya tak kenal lelah yang dilakukan oleh Sayap Misil ke-90, Skuadron Uji Penerbangan ke-576 dan Sayap Ruang Angkasa ke-30 sangat luar biasa. Kerja tim dan upaya gabungan mereka selama beberapa bulan terakhir menunjukkan dedikasi mereka yang luar biasa terhadap misi dan mereka adalah beberapa operator terbaik di Angkatan Udara," ujarnya seperti dikutip KEYT.

Sehari sebelum peluncuran, Angkatan Udara AS mengatakan uji coba ICBM Minuteman III tanpa senjata tersebut bertujuan untuk mengumpulkan data tentang sistem senjata.

"Tujuan dari program uji peluncuran ICBM adalah untuk memvalidasi dan memverifikasi efektivitas, kesiapan dan akurasi sistem senjata," kata Komando Serangan Global Angkatan Udara dalam sebuah pernyataan.

Militer melacak hulu ledak tiruan ketika melakukan penerbangan lebih dari 4.000 mil ke target yang telah ditentukan. Target tersebut biasanya di dekat Kwajalein Atoll di Samudra Pasifik tengah.

Menurut Angkatan Udara, misil berbahan bakar padat itu dapat melakukan perjalanan hingga 6.000 mil dan mencapai kecepatan sekitar 15.000 mph saat burnout.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3663 seconds (0.1#10.140)