alexametrics

Putin Terima Undangan Kim Jong-un untuk Sambangi Pyongyang

loading...
Putin Terima Undangan Kim Jong-un untuk Sambangi Pyongyang
Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu di Vladivostok, Kamis (25/4/2019). Foto/Istimewa
A+ A-
SEOUL - Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan setuju untuk melakukan kunjungan balasan ke Pyongyang atas undangan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Kedua pemimpin itu juga dilaporkan sepakat untuk meningkatkan kontak di semua tingkatan.

Kantor berita Korut, KCNA melaporkan, Kim Jong-un memberikan undangan kepada Putin untuk datang ke Korut pada waktu yang tepat. Undangan itu, menurut laporan tersebut, diterima oleh Presiden Rusia seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (26/4/2019).

Kedua pemimpin mengadakan pembicaraan pertama mereka di pulau Russky di ujung selatan Vladivostok pada hari Kamis. Pertemuan bersejarah itu berfokus pada pengembangan hubungan bilateral serta pada isu denuklirisasi Semenanjung Korea.



Kedua pemimpin dilaporkan sepakat untuk meningkatkan perdagangan bersama, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kontak tingkat atas termasuk kunjungan tingkat tinggi.

Berbicara tentang keamanan regional yang goyah setelah KTT Hanoi yang gagal dengan AS, Kim Jong-un mengatakan keseimbangan di Semenanjung Korea menggantung karena itikad buruk sikap sepihak Washington. Sekarang, bagaimana situasi itu berkembang sepenuhnya tergantung pada AS.

Kunjungan singkat Kim Jong-un, yang tiba dengan kereta api lapis baja khasnya pada hari Rabu, adalah yang pertama dilakukan oleh pemimpin Korut sejak 2011, ketika almarhum ayahnya Kim Jong-il mengunjungi Rusia.

Pertemuan itu terjadi hanya dua bulan setelah pertemuan puncak antara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald di Hanoi, Vietnam, runtuh. Dalam pertemuan itu, AS tidak bersedia untuk melonggarkan sanksi sebagai imbalan bagi Pyongyang yang menghentikan program nuklir dan misilnya.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak