alexametrics

Dubes Rina: Bangladesh Itu Gila Batik Indonesia

loading...
Dubes Rina: Bangladesh Itu Gila Batik Indonesia
Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Bangladesh Rina P. Soemarno menyambut para pengusaha Indonesia yang akan meramaikan Indonesia Fair 2019 di Dhaka. Foto/SINDOnews/Muhaimin
A+ A-
DHAKA - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Bangladesh Rina P. Soemarno mengatakan batik buatan RI memiliki pangsa pasar yang besar di negara Asia Selatan tersebut karena digemari. Hal itu dia sampaikan menjelang pembukaan "Indonesia Fair 2019" oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dhaka yang akan berlangsung 25-17 April 2019.

"Jangan salah, Bangladesh itu gila batik," katanya, Kamis (24/4/2019). Menurutnya, banyak toko-toko busana di Dhaka yang memasarkan produk busana buatan Indonesia tersebut.

Batik dan peragaan busana akan diselenggarakan selama Indonesia Fair 2019 berlangsung. Perancang busana Indonesia yang terkenal, Ai Syarif, akan memajang dan memamerkan koleksi terbarunya pada 25 April 2019 pukul 13.00 dan pada 26 April pukul 19.00.



Indonesia Fair 2019 yang digelar KBRI Dhaka merupakan acara yang kedua kalinya."Beda dengan tahun sebelumnya yang hanya pameran. Kali ini tak hanya pameran, tapi investasi dan tourisme," ujar Dubes Rina.

"Kita mengenalkan Indonesia ke Bangladesh. Bangladesh selama ini mengenal Indonesia sebgai negara Muslim terbesar di dunia, hanya sebatas itu," sambung dia. "Saya kenalkan negara kita juga negara G-20."

Di bidang pariwisata, diplomat perempuan ini menyebut masyarakat Bangladesh belum banyak mengenal destinasi wisata Indonesi. "Mereka tahunya Bali,"ujarnya. Dia mendorong pelaku bisnis pariwisata Indonesia gencar promosi ke negara tersebut.

Lebih lanjut, Dubes Rina mendorong perusahaan-perusahaan Indonesia, terutama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk investasi di Bangladesh. "Jangan salah, ekonomi negara ini terus tumbuh. Tahun lalu tumbuh sekitar tujuh persen, tahun ini diprediksi tumbuh delapan persen," katanya.

Pameran Indonesia Fair 2019 berlangsung di Hall 1, International Convention Center Bashundhara (ICCB) di Dhaka.

Sekitar 40 peserta pameran akan menampilkan beragam barang konsumen dan industri buatan Indonesia, serta layanannya. Selain batik, produk kerajinan tangan makanan dan minuman, otomotif, dan penawaran khusus untuk tujuan wisata juga akan dipamerkan.

Sejumlah BUMN Indonesia yang akan berpartisipasi dalam acara tersebut antara lain PT Pertamina (industri minyak dan gas alam), PT INKA (industri kereta api), Fasilitas Pemeliharaan Garuda-GMF Aeroasia (industri pemeliharaan, perbaikan dan perombakan), PT PINDAD (militer dan industri alat berat), dan Konsorsium Kereta Api Indonesia.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak