Bomber ISIS Tersenyum Sebelum Beraksi di Hotel Shangri-La Kolombo

Rabu, 24 April 2019 - 23:18 WIB
Bomber ISIS Tersenyum Sebelum Beraksi di Hotel Shangri-La Kolombo
Bomber ISIS Tersenyum Sebelum Beraksi di Hotel Shangri-La Kolombo
A A A
KOLOMBO - Sebuah momen sebelum sepasang pelaku bom bunuh diri beraksi di Hotel Shangri-La di Ibu Kota Sri Lanka, Kolombo, terekam kamera CCTV. Salah satu dari mereka terlihat tersenyum ketika pergi ke restoran prasmanan dengan lift.

Ketika para tamu tengah menikmati sarapan, ia masuk mengenakan ransel, sebelum meledakkan bom seperti dikutip dari Independent, Rabu (24/4/2019).

Setidaknya 359 orang tewas dan 500 lainnya luka-luka dalam serangkaian pemboman bunuh diri yang menghantam gereja dan hotel mewah di Sri Lanka pada Minggu Paskah lalu.

Mayoritas besar korban adalah warga Sri Lanka tetapi juga terdapat warga negara lain yang berasal dari Amerika Serikat (AS), Denmark, China, Jepang, Portugal dan Australia.

Polisi telah menangkap 60 orang sehubungan dengan aksi pemboman itu.

Kelompok ekstrimis ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang dalam sebuah pernyataan dilakukan oleh "pejuang Negara Islam".

Kelompok ini merilis foto delapan pria berpakaian hitam yang membawa pisau, wajah mereka ditutupi, berpose di depan bendera ISIS, serta sebuah video di mana mereka berjanji setia kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.

Pihak berwenang Sri Lanka sedang menyelidiki apakah sel yang melakukan serangan, yang sebelumnya diidentifikasi sebagai kelompok militas lokal bernama National Thowheed Jamath (NTJ), dibantu oleh anggota ISIS yang baru kembali dari Irak dan Suriah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5951 seconds (0.1#10.140)