Klaim Pemboman di Sri Lanka, ISIS Rilis Foto Para Pelaku

Rabu, 24 April 2019 - 05:53 WIB
Klaim Pemboman di Sri Lanka, ISIS Rilis Foto Para Pelaku
Klaim Pemboman di Sri Lanka, ISIS Rilis Foto Para Pelaku
A A A
KOLOMBO - Kelompok Negara Islam atau ISIS mengklaim serangkaian pemboman yang menewaskan lebih dari 320 orang di Sri Lanka. Kelompok ini pun merilis foto dan video yang diklaim sebagai para pelaku yang bertanggung jawab.

Besarnya jumlah korban dalam serangan Minggu Paskah pada akhir pekan lalu akan menjadi operasi terorisme di luar negeri paling mematikan yang diklaim oleh ISIS sejak kelompok itu memproklamasikan berdirinya kekhalifahan pada pertengahan 2014.

"Mereka yang melakukan serangan yang menargetkan anggota koalisi dan Kristen yang dipimpin AS di Sri Lanka sehari sebelum kemarin adalah pejuang kelompok Negara Islam," kata media propaganda ISIS, Aamaq, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Japan Times, Rabu (24/4/2019).

Dalam sebuah pernyataan kemudian, kelompok itu memberi nama-nama dari tujuh orang yang katanya berada di belakang serangan diberkati yang menargetkan orang-orang Kristen selama liburan menghujat mereka.

Aamaq juga merilis foto delapan pria yang katanya berada di belakang ledakan.

Tujuh dari mereka memiliki wajah tertutup dan tiga dari mereka memegang pisau.

Satu orang menunjukkan wajahnya yang berjanggut juga tampak membawa senapan serbu.

Aamaq kemudian merilis video dari delapan pejuang yang berjanji setia kepada pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dalam bahasa Arab, sebuah bendera hitam ISIS tergantung di belakangnya.

Pernyataan ISIS pada hari Selasa itu juga mengatakan tiga pejuang yang disebutnya sebagai Abu Obeidah, Abu Baraa dan Abu Moukhtar berada di belakang serangan terhadap hotel-hotel Shangri-La, Cinnamon Grand dan Kingsbury.

Tiga pejuang lain yang disebutnya sebagai Abu Hamza, Abu Khalil dan Abu Mohammad melakukan serangan terhadap gereja-gereja di kota-kota Kolombo, Negombo, dan Batticaloa.

"Pejuang ketujuh, Abu Abdallah, menewaskan tiga petugas polisi dalam serangan di pinggiran kota Kolombo," katanya.

Keaslian gambar dan video tidak dapat diverifikasi secara independen dan alasan perbedaan dalam jumlah penyerang yang dilaporkan tidak segera jelas.

Klaim ISIS itu muncul satu bulan setelah pasukan Suriah pimpinan Kurdi mengumumkan jatuhnya kekhalifahan yang dideklarasikan oleh ISIS, setelah mengusir para ekstrimis dari pertahanan terakhir mereka di Suriah timur dengan dukungan dari koalisi yang dipimpin AS.

Para ekstrimis tampaknya mempertahankan jaringan rekrutmen global dan telah mengklaim serangan di Irak, Suriah dan sekitarnya.

Pada hari Minggu, ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan 10 orang di Ibu Kota Afghanistan Kabul pada hari sebelumnya.

Pemboman hari Minggu yang menargetkan gereja dan hotel kelas atas termasuk di antara serangan paling mematikan di seluruh dunia sejak serangan tahun 2001 di Amerika Serikat.

Pemerintah Sri Lanka pada Selasa menyalahkan kelompok Islamis National Thowheeth Jama'ath (NTJ) yang kurang dikenal atas ledakan itu, dengan mengatakan mereka melakukan pembalasan atas serangan bulan lalu terhadap dua masjid di Selandia Baru.

Baca Juga: Sri Lanka: Serangan Paskah Balasan atas Teror di Christcurch

Kepresidenan Sri Lanka mengutip laporan intelijen yang mengatakan kelompok-kelompok teror internasional mendukung para ekstrimis Sri Lanka.

Sumber-sumber kepolisian mengatakan kepada AFP Selasa bahwa dua bersaudara Muslim - putra seorang pedagang rempah-rempah Kolombo yang kaya - termasuk di antara para pelaku serangan.

Mereka meledakkan diri ketika para tamu berbaris untuk sarapan di hotel Shangri-La dan Cinnamon Grand di Ibu Kota Kolombo, kata sumber itu.

Kedua bersaudara itu adalah anggota kunci NTJ, yang sebelumnya disalahkan pemerintah karena merusak patung Buddha, menurut petugas investigasi.

Kekerasan etnis dan agama telah menjangkiti Sri Lanka selama beberapa dekade, dengan konflik 37 tahun dengan pemberontak Tamil diikuti dengan peningkatan dalam beberapa tahun terakhir bentrokan antara mayoritas Budha dan Muslim.

Kelompok-kelompok Muslim Sri Lanka mengutuk serangan Minggu Paskah itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5617 seconds (0.1#10.140)