alexametrics

AS Kerahkan 2 Kapal Induk Nuklir Sekaligus ke Laut Mediterania

loading...
AS Kerahkan 2 Kapal Induk Nuklir Sekaligus ke Laut Mediterania
Kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat, USS John C. Stennis. Foto/REUTERS/File Photo
A+ A-
WASHINGTON - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon mengerahkan dua kapal induk bertenaga nuklir dan kelompok-kelompok tempurnya ke Laut Mediterania secara bersamaan. Pengerahan dua kapal induk sekaligus ke wilayah itu merupakan yang pertama kalinya sejak 2016.

Angkatan Laut AS dalam sebuah laporan resmi mengumumkan pengiriman kedua kapal induk dan rombongan kapal-kapal perangnya. Kedua kapal rakasa ini adalah USS John C. Stennis dan USS Abraham Lincoln.

"Kelompok tempur kapal induk (CSG) John C. Stennis bergabung dengan CSG Abraham Lincoln di Mediterania, memberikan kesempatan unik bagi dua kelompok penyerang untuk bekerja bersama dengan sekutu dan mitra kunci di wilayah operasi Armada ke-6 AS," bunyi pengumuman Layanan Pers Angkatan Laut Amerika Serikat pada hari Senin, seperti dikutip Sputnik, Selasa (23/4/2019).



Pada 2016, Pentagon pernah melakukan hal serupa dengan mengerahkan kapal induk USS Dwight D. Eisenhower dan USS Harry S. Truman lengkap dengan kelompok-kelompok tempurnya ke Laut Mediterania secara bersamaan.

"Operasi dua kapal induk di sini di Mediterania menunjukkan fleksibilitas yang melekat dan skalabilitas yang diberikan pasukan maritim kepada pasukan gabungan, sambil menunjukkan komitmen kuat kami pada stabilitas dan keamanan kawasan," kata Wakil Komandan Armada ke-6 Laksamana Muda Lisa Franchetti.

Kapal induk USS John C. Stennis dikerahkan dari Naval Base Kitsap-Bremerton, 15 Oktober 2018. Sedangkan USS Abraham Lincoln dikerahkan dari Naval Station Norfolk, 1 April 2019.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak