alexametrics

Diterkam Harimau Sumatra, Pekerja Bonbin Topeka AS Kritis

loading...
Diterkam Harimau Sumatra, Pekerja Bonbin Topeka AS Kritis
Ilustrasi harimau Sumatra. Foto/ABC.net.au
A+ A-
KANSAS - Seorang pekerja kebun binatang (bonbin) di Kansas City, Amerika Serikat (AS) berada dalam kondisi kritis setelah diterkam seekor harimau Sumatra. Korban berhasil diselamatkan setelah rekan-rekannya memancing satwa langka dengan makanan.

Layanan darurat bergegas merespons insiden di Topeka Zoo and Conservation Center, 96 kilometer sebelah barat Kansas City.

Menurut laporan The Sun, korban diterkam harimau Sumatra jantan bernama Sanjiv. Laporan lain menyebut ada beberapa harimau yang berada di dekat korban saat serangan terjadi.



"Saat ini kami masih mengevaluasi, harimau-harimau itu masih bertahan," kata juru bicara Topeka Zoo, Molly Hadfield. Insiden itu membuat bonbin sempat ditutup.

"Kami kembali terbuka, harimau kami berada di sel kandang, tetapi kebun binatang lainnya terbuka," kata Hadfield, yang dilansir Minggu (21/4/2019). "Orang yang diserang harimau itu dalam kondisi kritis."

Otoritas kebun binatang telah mengonfirmasi insiden itu dalam sebuah pernyataan di Facebook. "Sanjiv, seekor harimau jantan Sumatra, bergabung dengan kami di Topeka Zoo sebagai rekomendasi dari Rencana Kelangsungan Hidup Spesies AZA (Association of Zoos & Aquariums)," bunyi pernyataan tersebut.

“Dia berasal dari Kebun Binatang Akron dan kami sangat gembira menyambutnya di rumah barunya. Ini akan sedikit sebelum para tamu dapat melihat satwa tampan ini, tetapi kami akan memberi Anda pembaruan!."

Pejabat kota setempat mengatakan Sanjiv menyerang penjaga kebun binatang pada Sabtu pagi, 20 April 2019 di ruang tertutup yang aman di kebun binatang.

Direktur Topeka Zoo, Brendan Wiley, mengatakan penjaga kebun binatang itu terjaga dan waspada ketika dia dibawa dengan ambulans ke rumah sakit. Wiley mengaku belum tahu separah apa luka yang diderita korban.

Insiden ini sedang diselidiki, tetapi petugas kebun binatang tidak merencanakan tindakan apapun terhadap Sanjiv. "Tidak ada yang akan terjadi pada harimau kita," kata Hadfield.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak