alexametrics

Bentrok dengan Tentara Israel, 48 Warga Palestina Terluka

loading...
Bentrok dengan Tentara Israel, 48 Warga Palestina Terluka
Sebanyak 48 warga Palestina terluka setelah terlibat bentrok dengan tentara Israel di Gaza Timur. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
GAZA - Setidaknya 48 warga Palestina terluka pada hari Jumat dalam bentrokan dengan tentara Israel di Jalur Gaza timur, dekat perbatasan dengan Israel. Hal itu dikatakan oleh petugas medis.

Dalam sebuah pernyataan juru bicara Kementerian Kesehatan di Gaza, Ashraf al-Qedra mengatakan, di antara para korban terdapat lima paramedis dan empat jurnalis foto lokal. Selain itu belasan orang dirawat di lapangan setelah menghirup gas air mata seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (20/4/2019).

Bentrokan pada hari Jumat adalah bagian dari protes anti-Israel mingguan, lebih dikenal sebagai Great March of Return, yang dimulai pada akhir Maret tahun lalu.



Komisi Tertinggi Great March of Return sebelumnya telah meminta populasi di Jalur Gaza untuk bergabung dengan kegiatan mingguan dalam mendukung tahanan Palestina di penjara-penjara Israel.

Para demonstran mengibarkan bendera Palestina dan memegang poster tahanan Palestina. Mereka melemparkan batu ke arah tentara, yang dibalas dengan tembakan langsung, peluru karet dan tabung gas air mata.

Para pejabat kesehatan di Gaza mengatakan bahwa sejak pawai dan demonstrasi dimulai, tentara Israel telah menewaskan 272 warga Palestina dan melukai 16.700 lainnya.

Demonstrasi, protes dan pawai, yang dimulai pada akhir Maret tahun lalu, mendesak Israel untuk mengakhiri 12 tahun blokade ketat yang telah dikenakan pada Gaza, daerah kantong di wilayah pantai yang telah diperintah oleh gerakan Hamas sejak 2007.

Meskipun Mesir, PBB dan Qatar memediasi penciptaan kondisi yang tenang antara Israel dan faksi-faksi yang dipimpin Hamas, Komisi Tertinggi Great March of Return mengatakan bahwa protes akan berlangsung setiap minggu sampai blokade Israel dicabut.

Sebelumnya, sebuah tank menyerang pos militer milik militan Islam Hamas. Tidak ada korban cedera yang dilaporkan, menurut laporan media lokal di Gaza.

Belum ada komentar langsung dari tentara Israel mengenai serangan itu, namun media Israel melaporkan bahwa pasukan militer negara Zionis yang berpatroli di dekat pagar perbatasan menjadi sasaran tembakan yang datang dari sisi Gaza.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak