alexametrics

WNI di Turki Antusias Ikuti Hitung Suara Pemilu

loading...
WNI di Turki Antusias Ikuti Hitung Suara Pemilu
Meski udara dingin di kota ini masih belum beranjak banyak masyarakat Indonesia tetap bersemangat datang dan mengikuti proses penghitungan suara. Foto/KBRI Ankara
A+ A-
ANKARA -
Berada pada jarak ribuan kilometer dari Indonesia tak lantas membuat rasa cinta tanah air memudar. Inilah yang telah dibuktikan oleh para warga negara Indonesia (WNI) di Turki yang antusias mengikuti rangkaian proses pemilu, mulai dari acara sosialisasi, pemungutan suara, hingga penghitungan suara yang dilaksanakan di Wisma Duta Besar Ankara, kemarin.

Di Ankara, hari tersebut bukanlah hari libur. Aktifitas kantor dan kuliah berjalan seperti biasa. Selain itu udara dingin di kota ini masih belum beranjak, meski demikian, banyak masyarakat Indonesia tetap bersemangat datang dan mengikuti proses penghitungan suara.

Salah satu diantara mereka adalah Wahyu Wijayanto, yang saat ini bekerja pada sebuah organisasi internasional di Ankara. Di tengah kesibukannya, Wahyu menyempatkan diri datang. Bahkan, ia datang bersama istri dan anak-anaknya. Wahyu mengaku senang dapat menghadiri acara tersebut, dan lebih senang karena dapat bertemu dengan masyarakat Indonesia lainnya.



Kegembiraan serupa dirasakan oleh Darlis Aziz, yang saat ini merupakan Ketua PPI Turki. Ia merasa senang karena untuk pertama kalinya mengikuti pemilu di luar negeri. Darlis berharap bahwa pesta demokrasi yang juga dirasakan para diaspora Indonesia di luar negeri ini dapat meningkatkan rasa cinta tanah air, serta mendorong partisipasi mereka dalam membangun masa depan Indonesia.

Pemilu luar negeri di Ankara memang memiliki arti tersendiri. Selain sebagai ajang WNI untuk menggunakan hak pilihnya, juga menjadi media silaturahmi. Inilah yang nampak di sela-sela proses penghitungan suara, yang mana masyarakat yang hadir memanfaatkannya untuk saling sapa dan berkumpul.

“Penghitungan suara luar negeri di Ankara berjalan lancar dan tertib. Masyarakat Indonesia banyak yang datang untuk menyaksikan. Suasanya penghitungan penuh rasa kekeluargaan, dan aneka hidangan nusantara yang disajikan menjadikan suasana lebih rileks, serasa kita sedang berada di kampung halaman,” ujar Sitti Aaisyah Sungkilang, Ketua PPLN Ankara, seperti dikutip Sindonews dari siaran pers Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Ankara pada Kamis (18/4).

Selain itu, mengingat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia di Turki terhadap pelaksanaan pemilu, maka acara penghitungan suara juga disiarkan langsung pada media sosial KBRI Ankara. Dengan demikian, masyarakat Indonesia di berbagai wilayah di Turki dapat turut menyaksikan.

Lebih dari seratus WNI hadir dalam acara penghitungan suara luar negeri di Ankara atau sekitar 40% dari jumlah DPT TPS luar negeri Ankara. Secara umum, terdapat 1.155 pemilih pada DPTLN Ankara. Dari total tersebut, sebanyak 845 surat suara telah masuk dari metode Pos maupun TPSLN. Dengan demikian, maka total partisipasi pemilih pada wilayah kerja PPLN Ankara mencapai 73,1%.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak