WNI Terjang Udara Dingin untuk Nyoblos di KBRI Moskow

Senin, 15 April 2019 - 21:48 WIB
WNI Terjang Udara Dingin untuk Nyoblos di KBRI Moskow
WNI Terjang Udara Dingin untuk Nyoblos di KBRI Moskow
A A A
MOSKOW - Warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Ibu Kota Rusia, Moskow, antusias menyalurkan hak suaranya dalam Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Dinginnya musim semi kota Moskow yang mencapai 0°C dan disertai rintik hujan salju tidak menyurutkan langkah mereka untuk mencapai lokasi.

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota DPR 2019 yang dilaksanakan pada Minggu (14/4/2019) pukul 08.00-18.30 berjalan lancar hampir tanpa hambatan.

Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, dan istri menyalurkan hak suaranya pada pagi hari dan turut pula mengikuti rangkaian kegiatan Pemilu hingga penutupan acara.

“Saya sangat mengapresiasi partisipasi warga Indonesia yang sangat antusias dan tertib untuk menyalurkan hak suara mereka pada Pemilu 2019 ini, walaupun hari ini cuaca masih dingin dan sempat turun hujan salju," ujar Wahid dalam rilis yang diterima Sindonews, Senin (15/4/2019).

Menurut Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), Lusy Surjandari, satu-satunya kasus adalah adanya 5 orang WNI yang tidak dapat mencoblos karena status mereka sebagai turis dan tidak membawa formulir A5 (pindahan), sementara 3 temannya dapat memilih karena telah mengantongi formulir A5.

Sementara Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Moskow, Enjay Diana, terus memberikan informasi tentang tata cara pencoblosan dan memastikan bahwa surat suara yang diberikan asli, bersih dan tidak ada coretan atau lubang apa pun.

Nantinya, proses perhitungan suara akan dilakukan secara terbuka untuk umum dan serentak dengan 130 PPLN lainnya di 96 negara pada tanggal 17 April 2019 siang, hari yang sama dengan perhitungan suara di Indonesia.

Sebanyak 370 warga Indonesia telah menyalurkan hak suara mereka secara langsung di TPSLN KBRI Moskow pada Pemilu kali ini. Jumlah ini mencapai 63,5% dari 583 warga Indonesia yang sudah mendaftarkan diri sebelumnya melalui PPLN Moskow untuk pemilihan langsung. Dari jumlah 370 orang tersebut, terdiri dari 223 orang wanita dan 147 orang pria.

Di samping itu, hingga tanggal 14 April 2019, PPLN Moskow telah menerima 183 surat suara melalui pos dan masih menantikan diterimanya surat suara melalui pos lainnya hingga tanggal 17 April 2019 pagi. Sebanyak 513 surat suara telah dikirimkan oleh PPLN Moskow sejak 14 Maret 2019 lalu.

Untuk diketahui, saat ini, WNI yang tercatat di Rusia berjumlah 1.033 orang. Namun, secara keseluruhan diperkirakan jumlahnya mencapai sekitar 1.300 orang. Hampir separuhnya adalah mahasiswa, selebihnya berasal dari kalangan tenaga terampil, profesional, keluarga besar KBRI Moskow dan diaspora (masyarakat kawin campur).

Suasana penuh keakraban terlihat sepanjang pelaksanaan pemilu. Tampak cukup banyak WNI yang masih bergerombol hingga berakhirnya acara, sambil menikmati makanan yang disiapkan panitia. Di pojok lain mereka asyik berbelanja produk makanan Indonesia seperti mie instan, kecap, bumbu instan, dan makanan kecil.

“Mie instan yang paling dicari dan dalam beberapa jam langsung ludes”, kata Wahid.

Memang produk mie instan untuk jenis kemasan belum masuk Rusia, namun Wahid memastikan sebentar lagi salah satu merk produk mie instan Indonesia akan menghiasi toko-toko atau supermarket di Rusia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4517 seconds (0.1#10.140)