Sudan Tunjuk Menteri Pertahanan sebagai Pemimpin Sementara

Jum'at, 12 April 2019 - 16:26 WIB
Sudan Tunjuk Menteri Pertahanan sebagai Pemimpin Sementara
Sudan Tunjuk Menteri Pertahanan sebagai Pemimpin Sementara
A A A
KHARTOUM - Menteri Pertahanan Sudan, Awad ibn Auf dilaporkan telah dilantik sebagai ketua Dewan Transisi Militer setelah penggulingan Presiden Omar Hassan al-Bashir. Pengangkatan ibn Auf disiarkan secara nasional.

Ibn Auf, seperti dilansir Anadolu Agency pada Jumat (12/4), mengucapkan sumpah konstitusional di ibu kota Khartoum dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung, Abdul Majid Idris.

Sementara itu, Kamal Abdul-Marouf Al-Mahi, ketua Komando Staf Gabungan, dilantik sebagai wakil ketua Dewan Transisi Militer.
Sebelumnya diwartakan, ibn Auf dalam sebuah pidato di televisi mengumumkan pemberlakuan jam malam selama satu bulan dan mulai berlaku Kamis malam, bersamaan dengan keadaan darurat nasional tiga bulan.

Dia juga mengatakan bahwa wilayah udara Sudan - bersama dengan semua penyeberangan perbatasan - akan ditutup selama 24 jam ke depan.

Di akhir pidatonya, dia berjanji untuk mendorong iklim yang kondusif bagi pemindahan kekuasaan secara damai dengan maksud untuk mengadakan pemilihan yang bebas dan adil pada akhir fase transisi.

Untuk diketahui, sebelum dilengserkan, Bashir sudah memimpin Sudan selama kurang lebih tiga dekade. Bashir berkuasa setelah kudeta militer 1989 terhadap pemerintah Perdana Menteri Sadiq al-Mahdi yang terpilih secara demokratis.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2990 seconds (0.1#10.140)