Jenderal Purnawirawan AS Ungkap Perang Israel dan Hizbullah Tidak Akan Mencapai Klimaks

Rabu, 12 Juni 2024 - 20:50 WIB
loading...
Jenderal Purnawirawan AS Ungkap Perang Israel dan Hizbullah Tidak Akan Mencapai Klimaks
Perang Hizbullah dan Israel tidak akan mencapai titik klimaks. Foto/AP
A A A
BEIRUT - Konflik antara Israel dan kelompok Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon akan tetap “di bawah titik didih,” menghindari perang skala penuh. Itu diungkapkan Jenderal purnawirawan Kenneth F McKenzie kepada Al Arabiya.

Ketika ditanya apakah front Lebanon-Israel dapat berkobar secara tiba-tiba, McKenzie mengatakan bahwa meskipun Hizbullah dan pemimpinnya Hassan Nasrallah akan membuat pilihan strategis mereka sendiri, mereka menyadari potensi Israel untuk memberikan respons yang kuat.

Meskipun pertukaran lintas batas diperkirakan akan terus berlanjut, “konflik antara Hizbullah dan Israel akan tetap berada di bawah titik didih” dan tidak akan meningkat menjadi perang besar, kata McKenzie kepada Al Arabiya.

“Hizbullah Lebanon dan Nasrallah, pemimpin mereka, akan membuat keputusan strategis mereka sendiri mengenai hal ini,” kata pensiunan jenderal tersebut. “Saya pikir dia menyadari bahwa jika dia berperang dengan Israel, respons Israel akan sangat besar dan penuh kekerasan.”

Israel dan Hizbullah telah terlibat dalam serangan lintas batas sejak perang di Gaza dimulai pada bulan Oktober. Sejauh ini, setidaknya 15 tentara Israel dan 11 warga sipil tewas di Israel utara. Di Lebanon, serangan Israel telah mengakibatkan sedikitnya 455 kematian, sebagian besar adalah pejuang, namun juga termasuk 88 warga sipil.

Dalam wawancara luas tersebut, McKenzie membahas beberapa topik lain, termasuk buku barunya, 'The Melting Point: High Command in War in the 21st Century.'

Buku ini membahas peristiwa-peristiwa penting di Timur Tengah, termasuk pembunuhan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dan komandan militer Iran Qassem Soleimani, dan penarikan AS dari Afghanistan.

Mengenai pembunuhan Soleimani, McKenzie menyelidiki strategi di balik serangan tersebut, menyoroti ancaman yang akan ditimbulkan oleh komandan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) terhadap Amerika dan perencanaan yang cermat yang bertujuan untuk meminimalkan korban sipil.

Dalam bukunya, McKenzie menyebutkan bahwa menembak jatuh pesawat Soleimani adalah salah satu pilihan, namun akhirnya dibatalkan untuk menghindari korban sipil.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)
pixels