Terancam Diekstradisi ke AS, Assange Dijerat dengan Dakwaan Konspirasi

Kamis, 11 April 2019 - 23:43 WIB
Terancam Diekstradisi ke AS, Assange Dijerat dengan Dakwaan Konspirasi
Terancam Diekstradisi ke AS, Assange Dijerat dengan Dakwaan Konspirasi
A A A
WASHINGTON - Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, dilaporkan telah ditangkap oleh polisi Inggris, setelah suakanya dicabut oleh pemerintah Ekuador. Ia pun terancam diekstradisi ke Amerika Serikat (AS) yang telah lama memburunya.

Departemen Kehakiman AS menuduh Assange berkonspirasi dengan Chelsea Manning untuk membobol jaringan komputer rahasia Pentagon. Dakwaan pidana itu diungkap segera setelah pendiri situs pembocor rahasia WikiLeaks ditangkap di London, Inggris.

Assange dituduh telah bekerja sama dengan Manning, seorang analis intelijen militer AS, untuk membobol jaringan departemen pertahanan pada Maret 2010 untuk mendapatkan dokumen rahasia.

Assange (47) didakwa dengan satu tuduhan konspirasi untuk melakukan intrusi komputer. Dia menghadapi hukuman maksimal lima tahun penjara jika terbukti bersalah.

Jaksa penuntut AS menuduh Assange membantu Manning memecahkan kata sandi terenkripsi untuk mendapatkan akses ke jaringan komputer di bawah nama pengguna yang bukan miliknya, membuatnya lebih sulit bagi pihak berwenang untuk melacak sumber dokumen yang bocor.

"Assange, yang tidak memiliki izin keamanan atau perlu untuk tahu, tidak berwenang untuk menerima informasi rahasia Amerika Serikat," kata jaksa seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (11/4/2019).

Manning sendiri pada saat itu memberi WikiLeaks ratusan ribu catatan rahasia pemerintah, termasuk gelondongan data dari perang di Afghanistan dan Irak. Ia kemudian memberi mereka banyak sekali kabel diplomatik rahasia. Beberapa file diterbitkan oleh WikiLeaks dalam kemitraan dengan sejumlah media termasuk The Guardian.

Surat dakwaan tersebut mengutip diskusi online antara keduanya di mana Assange terlihat secara aktif mendorong Manning untuk memberikan lebih banyak informasi, kata departemen kehakiman.

"Setelah unggahan ini, hanya itu yang benar-benar tersisa," kata Manning kepada Assange dalam satu pesan. "Mata yang ingin tahu tidak pernah mengering dalam pengalaman saya," jawab Assange.

Menurut dokumen yang dirilis pada Kamis, Assange ternyata juga didakwa pada Maret tahun lalu oleh dewan juri di Alexandria, Virginia. Tuduhan itu tetap rahasia sampai sebagian diungkapkan oleh departemen kehakiman dalam pengajuan pengadilan yang salah pada November lalu.

Dengan menuntut Assange dengan peretasan alih-alih karena menerbitkan informasi rahasia, jaksa AS berusaha menghindari untuk secara langsung menantang kebebasan pers yang dijamin berdasarkan amandemen pertama konstitusi AS.

Tuduhan itu menuduh Assange berkonspirasi untuk secara sadar mengakses komputer tanpa izin guna mendapatkan informasi rahasia yang jika dibocorkan dapat digunakan untuk melukai Amerika Serikat dan mendatangkan keuntungan bagi negara lain mana pun.

Tetapi sekutu Assange mengatakan AS menuntut seorang penerbit.

Barry Pollack, seorang pengacara untuk pendiri WikiLeaks itu, mengutuk apa yang disebutnya sebagai upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengekstradisi seorang jurnalis asing untuk menghadapi tuduhan kriminal karena menerbitkan informasi yang benar. Edward Snowden, whistleblower NSA, menggambarkan penangkapan Assange sebagai momen gelap bagi kebebasan pers.

Pemerintahan Barack Obama diketahui telah menyelidiki WikiLeaks pada tahun-tahun setelah pembocoran dokumen yang menyeret Manning. Tetapi Eric Holder, jaksa agung pertama Obama, dilaporkan memutuskan untuk tidak mengajukan dakwaan karena khawatir bahwa preseden dapat ditetapkan untuk penuntut penerbit.

Grand juri di Virginia terus menyelidiki Assange dalam beberapa bulan terakhir, menunjukkan ia mungkin akan menghadapi dakwaan pidana tambahan dari AS. WikiLeaks telah diawasi karena menerbitkan alat mata-mata yang bocor yang diambil dari CIA, dan karena merilis email yang diretas dari akun senior Demokrat selama kampanye pemilu 2016.

Senator Mark Warner dari Virginia, senior Demokrat di komite intelijen Senat, mengatakan sebagai tanggapan atas tuduhan bahwa Assange telah menjadi pihak langsung dalam upaya Rusia untuk merusak barat dan harus dihukum.

AS mengkonfirmasi akan berusaha mengekstradisi Assange dari Inggris. Dia ditangkap pada Kamis pagi di kedutaan Ekuador, di mana dia telah tinggal sejak 2012 setelah diberikan suaka. Dia kemudian diselidiki oleh pihak berwenang di Swedia untuk tuduhan pelecehan seksual, yang ia bantah.

Pengacara Assange mengatakan mereka akan melawan proses ekstradisi, yang dapat mengakibatkan perselisihan hukum yang panjang dalam sistem pengadilan Inggris.

Manning sendiri telah dihukum pada 2013 di bawah Undang-Undang Spionase karena mencuri catatan rahasia pemerintah. Pada Mei 2017 dia dibebaskan dari penjara militer di Kansas setelah menjalani tujuh tahun dari hukuman 35 tahun. Barack Obama memberi Manning grasi selama hari-hari terakhirnya di kantor.

Namun Manning kembali dipenjara di Virginia selama sebulan terakhir setelah melakukan penghinaan terhadap pengadilan karena menolak untuk bersaksi kepada dewan juri guna menyelidiki Assange. Dia ditahan di sel isolasi untuk sebagian waktu itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5767 seconds (0.1#10.140)