alexametrics

Deretan Fakta Penemuan yang Gagal dalam Bidang Militer

loading...
Deretan Fakta Penemuan yang Gagal dalam Bidang Militer
Deretan Fakta Penemuan yang Gagal dalam Bidang Militer
A+ A-
Ketika membincangkan penemuan bidang militer mungkin yang terlintas adalah teknologi tinggi seperti pesawat militer, bom nuklir, rudal balistik, serta tank. Semua penemuan tersebut saat ini cukup berhasil dalam penggunaannya. Namun ada juga penemuan militer lain yang tidak berfungsi sama sekali alias gagal total saat diciptakan. Apa saja itu? Berikut di antaranya.

FOCKE-WULF TRIEBFLUEGEL


Tidak ada keraguan bahwa fakta selama ini menyebutkan bahwa orang Jerman sangat cerdas. Saat dunia sedang ingin menambah kecepatan ke mesin terbang, Jerman telah menambahkan roket Ramjet ke sayap mereka. Di satu sisi ini memang memberi kecepatan mesin tetapi di sisi yang lain mesin ini tidak memiliki kontrol saat mendarat yang membuatnya tidak berguna bagi manusia.

KAPAL INDUK TERBANG-USS Macon/USS

Akron Kapal induk terbang pertama kali dibuat oleh insinyur Jerman di awal tahun 1930-an. Insinyur kelahiran Praha, Rep. Ceko, Dr Karl Arnstein dari Ohio-lah yang membangun kapal induk bagi pesawat-pesawat yang mengambil penerbangan pertama pada April 1933. Kapal pertama disebut USS Macon dan kemudian USS Akron. USS Macon mampu membawa lima pesawat F9C "Sparrowhawk" yang dapat diluncurkan serta “mendarat” selama penerbangan. Karena terbang terlalu tinggi, USS Macon jatuh pada 12 Februari 1935 karena kegagalan struktural akibat diterjang badai.

TANK TSAR RUSIA

Tank Tsar Rusia adalah sebuah tank yang menyerupai sepeda. Untuk beberapa alasan Rusia berpikir saat itu bisa menjadi bagian pertahanan yang aman dan dapat digunakan dalam perang. Roda besar dimaksudkan untuk melintasi rintangan yang berat, namun karena kesalahan perhitungan dari titik berat, roda belakang cenderung terjebak pada tanah lunak dan parit dan roda depan yang kadang-kadang tidak cukup kuat. Hal ini menyebabkan kegagalan fase tes sebelum komisi tinggi pada Agustus 1915 memutuskan proyek tank dihentikan.

CYBERNETIC WALKING MACHINE

Mesin berjalan cybernetic tampaknya seperti sesuatu yang akan merubah moda transportasi militer di masa depan. Robot berkaki empat yang diuji pada 1968 ini dirancang oleh seorang pria bernama Ralph Mosher sebagai kendaraan infanteri di medan yang sangat sulit. Ada penggunaan hidrolik, tapi sayangnya robot ini tidak pernah masuk ke tahap produksi. Namun, prototipe dapat ditemukan di Museum Transportasi Angkatan Darat AS di VA. Robot ini berbobot sekitar 3.000 lbs dan hanya mampu berjalan pada 5 mph.

KAPAL INDUK CHARLES DE GAULLE


Kapal induk Prancis Charles de Gaulle sebenarnya bukanlah kapal induk baru. Pertama kali dibuat pada 1986 dengan berat sekitar 40.000 ton dan dibanderol USD4 miliar. Charles de Gaulle adalah kapal induk Prancis kesepuluh, sekaligus kapal induk bertenaga nuklir pertama Angkatan Laut Prancis. Namun, kapal induk ini jauh lebih lambat daripada yang diharapkan untuk menggantikan tenaga diesel pada uap. Baling-balingnya tidak bekerja dengan benar. Dek juga dirancang salah dan tidak dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan kapal.

ROCKET BELT

Roket belt atau sabuk roket dibuat untuk memungkinkan seorang prajurit bepergian dengan aman melalui udara pada jarak sangat kecil. Sabuk roket diciptakan pada 1960 dan tampaknya ketika itu sangat menjanjikan. Selama Oktober 1961, alat ini ditunjukkan secara pribadi kepada Presiden John F. Kennedy dalam manuver di pangkalan militer Fort Bragg. Namun, pertengahan 1960-an, militer tidak lagi tertarik pada rocket belt. Karena jarak terbang pendek, militer tidak melihat banyak kegunaan terhadap alat ini. Durasi maksimum penerbangan roket adalah 21 detik, dengan kisaran daya jelajah hanya 120 m.

ONE-WHEEL TANK/BALL TANK


Senjata ini merupakan ciptaan Jerman. Senjata itu dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki dua senapan mesin yang terpasang di atasnya dan mereka dapat dikendalikan oleh satu orang. Tetapi senjata itu memiliki banyak masalah seperti mengubah arah sangat sulit dan banyak alasan lainnya. Akibatnya senjata itu tidak pernah benar-benar keluar dari zona prototipe.

PUCKLE GUN

James Puckle mengatakan bahwa dia telah menciptakan senjata pertahanan bagus tetapi yang lain menyebutnya sebagai Puckle Gun. Menurut banyak analis, Puckle Gun bisa melakukan jauh lebih baik karena sesuai desain utamanya sebuah pistol. Pistol ciptaan James ini memiliki kemampuan untuk menembak 63 tembakan dalam 7 menit yang berarti 9 tembakan dalam satu menit dibandingkan dengan 3 tembakan senapan tentara normal. Senjata itu gagal karena satu alasan, yaitu pandai besi Inggris tidak dapat menangani desain yang rumit.

SCOOTER-MOUNTED CANNON


Senjata itu persis seperti apa namanya. Meriam dipasang pada skuter. Senjata itu ditemukan oleh tentara Prancis selama Perang Vietnam, yang konon digunakan oleh Angkatan Darat Prancis. Tetapi senjata itu akhirnya tidak bisa digunakan karena kurangnya perlindungan sederhana yang dimilikinya. Secara khusus skuter itu tidak dapat menahan mundurnya meriam.

CORKSCREW TANK


Diciptakan oleh Rusia, tangki pembuka botol ini diciptakan untuk berjalan melintasi medan yang kasar, berbatu, dan keras. Kendaraan itu mampu bermanuver melintasi medan seperti salju dan es, sesuatu yang umum di Rusia. Meskipun ia mampu melakukan beberapa hal yang memang dirancang untuk dilakukan, ia memiliki banyak kerugian. Pertama, karena pembuka botol bentuknya sangat kurang ideal, tangki tidak dapat bergerak melintasi medan yang layak. Selain itu, berat yang membuat pergerakannya sangat lambat, dan tidak memiliki suspensi dan kemudi yang aman.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak