alexametrics

London Destinasi Terbaik 2019, Bali di Posisi Kelima

loading...
London Destinasi Terbaik 2019, Bali di Posisi Kelima
London Destinasi Terbaik 2019, Bali di Posisi Kelima
A+ A-
NEEDHAM - London menggeser Paris sebagai destinasi pilihan para wisatawan dunia pada 2019 versi TripAdvisor. Gelar tersebut diraih London sekalipun Inggris sedang berada di ambang gejolak british exit (brexit) selama 12 bulan terakhir. Adapun Bali turun satu peringkat ke posisi lima di belakang Crete (4) dan Roma (3). Pada tahun lalu, Bali berada di posisi empat di depan Crete (5) dan di belakang Roma (3). Perubahan ini menunjukkan pariwisata merupakan bisnis yang dinamis.

London juga disebut mengalami peningkatan yang positif di bidang penginapan, restoran, dan atraksi. Semuanya berjalan sesuai program pariwisata otoritas lokal. “Selain itu, faktor lain yang mengundang banyak perhatian dan menjadi sensasi dunia ialah pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Merkle,” ungkap TripAdvisor.

Juru Bicara (Jubir) TripAdvisor Hayley Coleman mengatakan efeknya akan dirasakan sampai 2020. London tidak pernah seatraktif itu sejak 2016. Di Inggris, wilayah utara masih mendominasi peringkat TripAdvisor. Jika dikelompokkan dan diurutkan secara regional, wilayah utara diwakili Edinburgh (2), Liverpool (3), Glasgow (4), Belfast (5), York (8), dan Manchester (9). Sementara wilayah selatan hanya diwakili London (1), Bath (6), Pulau Wight (7), dan Jersey (10).



CEO Visit London Laura Citron mengaku senang London berada di posisi puncak. “London memiliki sejarah yang menarik dan menjadi pusat kreativitas serta kebebasan berpikir, mulai Shakespeare hingga lahirnya anak-anak punk dan model catwalk pada zaman sekarang,” katanya, dikutip dailymail.co.uk.

Laura menambahkan, energi kreatif dan getaran budaya itu dapat dirasakan di hampir seluruh aspek kehidupan di London, tak terkecuali makanan, mode, kesenian, pameran, perbelanjaan, dan kehidupan malam. Australia juga memiliki cukup banyak perwakilan di TripAdvisor, yakni delapan wilayah, salah satunya Sydney (24).

Sementara itu, kota yang memiliki reputasi global tapi tidak mampu berkembang signifikan di bidang pariwisata tahun ini ialah New York. Ibu kota Amerika Serikat (AS) itu jatuh ke posisi 13 dari urutan 10. Posisi New York digantikan Dubai yang mampu merangkak naik dari posisi 17 setelah menanamkan modal miliaran dolar AS.

Kota lainnya yang masuk 10 besar ialah Barcelona (7), Istanbul (8), dan Marrakesh (9). AS hanya diwakili New York, Maui, Oahu, Las Vegas, dan Orlando. Wilayah AS lainnya yang sempat populer pada masa lalu seperti San Diego, Chicago, New Orleans, San Fransisco, dan Pulau Hawaii telah terlempar dari peringkat TripAdvisor.

TripAdvisor menyarankan pelancong agar merencanakan perjalanan menuju destinasi terfavorit setelah melakukan riset, termasuk dalam penentuan waktu keberangkatan. Dalam kebanyakan kasus, kunjungan pada musim tertentu selalu memberikan pengalaman berbeda dibanding pada puncak musim liburan.

“Di samping jumlah turis tidak terlalu ramai, biaya yang dikeluarkan juga biasanya lebih rendah dibanding hari liburan,” ungkap TripAdvisor. Pernyataan TripAdvisor bukan tanpa alasan. Pelancong dapat menghemat biaya penginapan hingga 30% di New York jika berkunjung pada Maret dibandingkan Juni.

TripAdvisor juga menyarankan agar wisatawan melakukan eksplorasi di luar objek wisatawan utama agar mendapatkan pengalaman tak terlupakan dan otentik. Pemeringkatan ini sendiri ditetapkan berdasarkan jutaan kajian dan pendapat dari para pelancong di seluruh dunia, mereka berasal dari 94 negara dan delapan kawasan.

Ada sembilan kategori yang dikeluarkan TripAdvisor pada peringkat tahunan kali ini dengan menilai nilai dan kualitas. Selain kategori destinasi, TripAdvisor juga membentuk kategori untuk bidang perhotelan, kemewahan, bargaian, small, layanan terbaik, B&B dan penginapan, romansa, keluarga, dan inklusif.

Bali Masih Jadi Andalan

Bali masih menjadi destinasi wisata andalan Indonesia. Sebagian turis asing bahkan menyukai Bali ketimbang Eropa, karena jaraknya dekat dan tiketnya lebih murah. Mereka juga dapat mencicipi beraneka ragam makanan dengan beraneka ragam bumbu yang tidak dapat ditemukan di negara mana pun di dunia.

Bali juga tidak hanya terkenal atas pantai dan lautnya yang indah untuk berselancar, tapi juga karena memiliki budaya dan pentas seni yang unik dan eksentrik di mata turis asing, mulai tari barong hingga ukiran patung. Tak sedikit pula turis asing yang mencari inspirasi dan motivasi setelah jenuh hidup di kota.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan pariwisata menjadi salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat dan merupakan sumber pendapatan utama. Pariwisata memiliki dampak berganda hingga lapisan bawah. Namun, pariwisata juga dapat menimbulkan masalah apabila tidak dikelola baik.

"Kalau kita hanya tumbuh lebih tinggi dari pasar dan pesaing, itu tidak cukup. Perlu juga sustainable atau berkelanjutan. Pasti investasi yang datang tidak dalam jangka pendek, tetapi juga jangka panjang," katanya. Pemerintah juga mendukung pelestarian budaya dan lingkungan agar reputasi Indonesia tidak mudah luntur.

Arief menuturkan, berdasarkan hasil rapat dan koordinasi, target devisa dari sektor pariwisata pada 2019 sebesar USD20 miliar dan kedatangan wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta orang akan sulit tercapai. Wisatawan mancanegara yang akan datang diprediksi hanya sekitar 18 juta orang, sedangkan devisa sebesar USD17,6 miliar.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak