Rumania Akui Yerusalem Ibu Kota Israel, Yordania Kesal

Selasa, 26 Maret 2019 - 04:24 WIB
Rumania Akui Yerusalem Ibu Kota Israel, Yordania Kesal
Rumania Akui Yerusalem Ibu Kota Israel, Yordania Kesal
A A A
AMMAN - Yordania mengaku kesal dengan keputusan Rumania untuk mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Raja Abdullah II bahkan dilaporkan membatalkan jadwal kunjungannya ke Rumania pasca pengakuan tersebut.

"Raja Abdullah II membatalkan kunjungan ke Rumania yang dijadwalkan dimulai Senin, dalam solidaritas dengan Yerusalem," kata Kementerian Luar Negeri Rumania, seperti dilansir Arab News pada Selasa (26/3).

Seperti diketahui, Perdana Menteri Rumania, Viorica Dancila mengumumkan bahwa dia mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel di konferensi tahunan Komite Urusan Publik Israel Amerika di Washington.

"Saya, sebagai perdana menteri Rumania, dan pemerintah yang saya kelola, akan memindahkan kedutaan kami ke Yerusalem, ibu kota negara Israel," kata Dancila dalam pertemuan tersebut.

Namun Presiden Rumania, Klaus Iohannis, pihak yang bertanggung jawab atas kebijakan luar negeri negara Eropa Timur itu, mengatakan Dancila belum berkonsultasi dengannya mengenai keputusan tersebut. "Dia (Dancila) tidak memahami kebijakan luar negeri," kata Iohannis dalam sebuah pernyataan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4030 seconds (0.1#10.140)