India Tak akan Kirim Pejabat Tinggi ke Konferensi Perdamaian Zelensky

Selasa, 04 Juni 2024 - 19:15 WIB
loading...
A A A
Meskipun lebih dari 160 negara telah diundang ke konferensi yang disponsori Ukraina, banyak yang memilih abstain atau mengirimkan pejabat kecil.

Secara khusus, Kiev gagal menggalang dukungan di antara negara-negara Asia, menurut Washington Post.

Pemerintah China menegaskan kembali pada Senin bahwa mereka tidak akan mengambil bagian dalam konferensi Swiss, dengan alasan kondisi yang diperlukan untuk keberhasilan perundingan belum tersedia.

Pakistan juga kemungkinan akan melewatkan pertemuan tersebut karena berupaya menjaga “netralitas” dalam konflik tersebut, menurut media nasional.

Presiden AS Joe Biden juga tidak akan menghadiri acara di Swiss secara langsung, dan lebih memilih acara penggalangan dana Hollywood yang menampilkan aktor George Clooney.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Biden “bukanlah langkah yang kuat” jika dia tidak berpartisipasi.

Moskow tidak diikutsertakan dalam acara tersebut, yang diperkirakan akan membahas apa yang disebut sebagai “sepuluh poin rencana perdamaian” Zelensky. Kiev berargumen Rusia akan berupaya menggagalkan perundingan tersebut.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada RT pekan lalu bahwa “tidak masuk akal” mengadakan pertemuan puncak untuk menyelesaikan konflik tanpa partisipasi Moskow. “Konferensi ini sama sekali tidak memiliki prospek,” tegas dia.
(sya)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)