Thailand Gelar Pemilu Pertama Pasca Kudeta 2014

Minggu, 24 Maret 2019 - 11:10 WIB
Thailand Gelar Pemilu Pertama Pasca Kudeta 2014
Thailand Gelar Pemilu Pertama Pasca Kudeta 2014
A A A
BANGKOK - Thailand hari ini, Minggu (24/3/2019), menggelar pemilihan umum (pemilu) pertama pasca kudeta 2014 lalu. Sekitar 50 juta pemilih sedang bergerak ke tempat pemungutan suara.

Tingkat partisipasi pemilih diharapkan akan tinggi untuk pemilu pertama ini sejak 2011. Lebih dari tujuh juta orang yang berusia antara 18-26 memenuhi syarat untuk memilih untuk pertama kalinya dan bisa menjadi kunci kemenangan, sehingga semua pihak tertarik untuk memberikan suaranya seperti dikutip dari BBC.

Menjelang pemilu, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengeluarkan pernyataan yang mendesak perdamaian dan ketertiban selama proses pemilu. Pernyataan itu, yang ditayangkan di televisi nasional pada Sabtu malam, mendesak para pemilih untuk "mendukung orang-orang baik".

Pemilu ini juga merupakan kontes antara partai-partai pro-militer dan sekutu Thaksin. Thaksin digulingkan dalam kudeta tahun 2006 dan hidup di pengasingan untuk menghindari hukuman karena penyalahgunaan kekuasaan. Namun dia masih memiliki pengikut yang signifikan, sebagian besar pemilih pedesaan dan kurang makmur.

Partai-partai yang setia kepada Thaksin telah memenangkan setiap pemilu sejak 2001. Koresponden BBC untuk Asia Tenggara, Jonathan Head mengatakan, melumpuhkan gerakan ini telah menjadi tujuan utama - jika tidak resmi - dari militer.

Pheu Thai (Untuk Thailand), partai yang loyal kepada Thaksin, ikut serta dalam pemilu kali ini.

Sedangkan Jenderal Prayuth Chan-ocha, yang memimpin kudeta menggulingkan saudara perempuan Thaksin Yingluck Shinawatra pada tahun 2014, dinominasikan sebagai satu-satunya kandidat perdana menteri dari Partai Rath Palang Pracha Rath (PPRP) sebuah partai baru yang pro-militer.

Di antara partai-partai terkemuka lainnya adalah Partai Demokrat, yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Abhisit Vejjajiva, dan partai baru Future Forward yang dipimpin oleh miliarder muda di bidang telekomunikasi, Thanatorn Juangroongruangkit.

Thailand dilanda ketidakstabilan politik selama bertahun-tahun yang dipicu oleh pertempuran militer dan mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang digulingkan.

Setelah merebut kekuasaan, tentara berjanji untuk memulihkan ketertiban dan demokrasi, tetapi telah berulang kali menunda pemungutan suara.

Pada saat kudeta, militer mengatakan ingin memulihkan ketertiban dan stabilitas dan mencegah aksi protes jalanan yang telah berulang kali terjadi selama bertahun-tahun.

Namun junta militer Thailand dituduh mengambil pendekatan otoriter terhadap kekuasaan, secara ketat mengontrol media dan secara sewenang-wenang menggunakan undang-undang seperti lese majeste - yang melarang kritik militer - untuk membungkam lawan.

Junta militer Thailand juga memperkenalkan konstitusi - yang disetujui oleh referendum - yang menurut para pengkritiknya dirancang untuk memastikannya tetap menjadi pusat dalam politik Thailand.

Pemilih pada hari Minggu akan memilih 500 anggota majelis rendah parlemen. Namun di bawah konstitusi, 250 kursi senat telah ditunjuk oleh militer.

Kedua majelis itu akan bersama-sama memilih seorang perdana menteri - seorang kandidat hanya membutuhkan setengah suara ditambah satu untuk menang.

Jadi kandidat militer yang lebih disukai - Jenderal Prayuth - secara teori hanya membutuhkan 126 suara majelis rendah untuk menjabat. Partai yang memerintah atau koalisi juga dapat menunjuk non legislator sebagai perdana menteri.

Konstitusi baru juga memberlakukan batasan pada jumlah kursi yang dapat diambil oleh satu partai, terlepas dari jumlah suara yang dimenangkan, dan setiap pemerintahan di masa depan terikat secara konstitusional untuk mengikuti rencana 20 tahun militer untuk Thailand.

Pemungutan suara akan berlangsung di lebih dari 93.000 tempat pemungutan suara mulai pukul 08:00 waktu setempat hingga 17:00.

Hasil awal tidak resmi akan muncul dalam beberapa jam, tetapi koresponden mengatakan akan membutuhkan waktu untuk arah masa depan Thailand menjadi jelas, karena pihak-pihak menegosiasikan kesepakatan dan koalisi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4500 seconds (0.1#10.140)