alexametrics

Perempuan Bertelanjang Dada Ikut Aksi Protes Rompi Kuning

loading...
Perempuan Bertelanjang Dada Ikut Aksi Protes Rompi Kuning
Sekelompok perempuan bertelanjang dada berbaris di sebelah para pengunjuk rasa Rompi Kuning di Lille. Foto/Istimewa
A+ A-
PARIS - Sekelompok perempuan bertelanjang dada terlihat berbaris di sebelah para pengunjuk rasa Rompi Kuning di Lille. Mereka berpakaian layaknya Marianne, simbol Republik Prancis.

Wajah dan dada para perempuan itu ditutupi oleh zat merah menyerupai darah. Beberapa dari mereka mengenakan penutup mata, mungkin sebagai referensi untuk cedera yang diderita pada demonstran oleh pasukan keamanan seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (24/3/2019).

Aksi protes semacam ini sebelumnya juga sempat dilakukan di Paris pada 15 Desember lalu. Ketika itu lima perempuan topless mengenakan atasan berkerudung merah, tubuh dan wajah mereka ditutupi dengan cat perunggu, berhadapan dengan sekelompok polisi anti huru hara.



Pertunjukan ini dilaporkan dipentaskan oleh seniman Deborah de Robertis, yang pertama kali menjadi perhatian media ketika ia mengekspos alat kelaminnya di Musée d'Orsay pada tahun 2014.

Aksi demonstrasi ke-19 Rompi Kuning terjadi di seluruh Prancis. Aksi demonstrasi itu berujung pada bentrokan antara polisi dan demonstran. Bentrokan antara pendemo dengan polisi tercatat terjadi di Ibu Kota Paris, Lille di Prancis utara, Lyon, Nantes, Toulouse, Montpellier dan Nice.

Protes "Rompi Kuning", dinamai sesuai dengan jaket cerah yang harus disimpan oleh pengemudi Prancis di mobil mereka dan telah dikenakan oleh para demonstran, dimulai pada November setelah kenaikan pajak bahan bakar memicu kemarahan publik.

Gerakan ini telah berubah menjadi reaksi yang lebih luas terhadap pemerintah Macron, meskipun ia menghapuskan pajak bahan bakar, dan sering dirusak oleh bentrokan dan penjarahan.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak